fbpx

Cara Membersihkan Filter Air Mesin Cuci

  • Bagikan
Cara Membersihkan Filter Air Mesin Cuci
Cara Membersihkan Filter Air Mesin Cuci

Cara Membersihkan Filter Air Mesin Cuci – Pernahkah saat Anda mencuci di mesin cuci akan tetapi hasilnya kurang bersih? Hal ini bisa saja di karenakan filter pada mesin cuci Anda kotor. Lantas Bagaimana cara membersihkan filter air mesin cuci?

Sebelum kepokok pembahasan mengenai cara membersihkan filter air mesin cuci, kita akan membahas tentang jenis-jenis mesin cuci.

Baca Juga Artikel : 9 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor, Begini Solusinya.

Dikutip dari Wikipedia mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk dan sprai. Biasanya terbatas ke mesin yang menggunakan air untuk mencuci, dan tidak seperti cuci kering yang menggunakan cairan pembersih alternatif dan biasanya dilakukan oleh bisnis khusus.

Macam-Macam Jenis Mesin Cuci

m-Macam Jenis Mesin Cuci
m-Macam Jenis Mesin Cuci
  1. Mesin Cuci 2 Tabung.
  2. Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading.
  3. Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading.

Cara Membersihkan Filter Air Mesin Cuci

Cara Membersihkan Filter Air Mesin Cuci
Cara Membersihkan Filter Air Mesin Cuci

Filter di dalam mesin cuci 2 tabung ini biasanya terletak di dalam drum tempat pakaian di cuci, posisinya berada di sebelah kanan belakang atau dibagian lain yang mudah dilihat dan dijangkau, di filter tersebut juga selalu ada pengait dan pengungkitnya supaya mudah dibuka dengan cara ditekan, bila sudah kotoran di dalam filter banyak maka biasanya lebih sulit untuk dibuka, hal ini bisa Anda atasi dengan cara mencungkilnya dengan menggunakan obeng atau alat lain supaya lebih mudah, akan tetapi hati-hati jangan sampai patah atau obengnya melukai tangan Anda.

Lihatlah kotoran pada filter yang terdiri dari pasir, lumpur, dan kotoran lainnya yang terserap oleh filter itu yangmana membuat hasil cucian Anda menjadi kurang bersih.

Untuk dapat membersihkan filter pompa air mesin cuci, buka penutup terlebih dahulu. Dalam beberapa model mesin cuci memiliki selang kecil yang disangkutkan di belakang penutup yang berfungsi menguras air di dalam filter. Di dalam model mesin cuci lainnya, air dibuang saat filter ditarik keluar. Dalam kedua kasus tersebut Anda disarankan untuk meletakkan mangkuk atau beberapa handuk di bawah filter.

Baca Juga:  Benarkah Aplikasi Gotik Penghasil Uang? Apk Gotik 2 Penjelasannya Wajib Tahu

Jika Anda melihat selang, tarik dan cabut, kemudian tunggulah sampai air mengalir. Jika tidak, Putarlah filter tersebut dengan cara berlawanan arah jarum jam dan tarik keluar. Bersihkan kotoran, rambut, atau benda asing lainnya dari filter. Bilas filter dengan air mengalir.

Periksalah rongga filter mesin cuci untuk melihat apakah ada kotoran, koin, atau kancing yang menempel di dalamnya. bersihkanlah dengan kain lembap. Langkah terahir, pasanglah kembali dan kencangkan filter yaitu dengan cara memutar filter searah jarum jam. Pasang kembali penutup pelat tendang.

Demikian itulah cara membersihkan filter air mesin cuci. Dengan mengetahui Cara Membersihkan Filter Air Mesin Cuci, seperti yang sudah penulis jelaskan diatas Anda bisa mencuci dengan hasil yang bersih. Semoga Bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.