Cara mematikan tanda baca centang biru di WA – WhatsApp yang merupakan salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia, menjadi sarana utama bagi jutaan orang untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja mereka.

Salah satu fitur yang menjadi perbincangan adalah centang biru yang muncul ketika pesan yang Anda kirim telah dibaca oleh penerima. Sementara bagi sebagian orang fitur ini tidak masalah, bagi yang lain, centang biru bisa menjadi sumber kekhawatiran privasi atau tekanan sosial. Untuk alasan ini, banyak pengguna mencari cara menghilangkan centang biru di obrolan WhatsApp mereka.

Tapi apakah Anda tahu bahwa sekarang ada metode yang lebih mudah untuk melakukannya? Walaupun Anda mungkin berpikir bahwa trik ini hanya berlaku untuk WhatsApp GB (modifikasi WhatsApp), namun sekarang, dengan fitur privasi yang ditingkatkan, Anda dapat lebih mudah menonaktifkan centang biru.

Cara Mematikan Tanda Baca Centang Biru di WA

Mengenal WhatsApp

Dikutip dari wikipedia, WhatsApp (secara resmi WhatsApp Messenger) adalah sebuah layanan perpesanan instan (IM) dan voice-over-IP (VoIP) terpusat yang bersifat freeware, lintas platform, yang dimiliki oleh konglomerat teknologi Amerika Serikat, Meta Platforms. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan teks, pesan suara, dan pesan video, melakukan panggilan suara dan video, serta berbagi gambar, dokumen, lokasi pengguna, dan konten-konten lainnya. Aplikasi klien WhatsApp berjalan pada perangkat seluler, dan dapat diakses dari komputer. Layanan ini membutuhkan nomor telepon seluler untuk mendaftar.

Cara Nonaktifkan Centang Biru melalui Pengaturan WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  2. Selanjutnya, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk membuka menu pengaturan.
  3. Kemudian pilih “Pengaturan” dari menu dropdown.
  4. Pilih “Akun,” dan lanjutkan dengan memilih “Privasi.”
  5. Di bagian “Pemberitahuan Baca,” cukurlah centang pada opsi “Centang Biru.”

Dengan mengikuti langkah ini, centang biru tidak akan lagi muncul ketika Anda membaca pesan orang lain, dan teman-teman Anda juga tidak akan melihat centang biru ketika Anda membaca pesan mereka.

Baca Pesan di Mode Pesawat

Anda dapat menggunakan trik lain untuk membaca pesan tanpa membuat centang biru muncul. Jika Anda menerima pesan di WhatsApp, jangan membukanya segera. Aktifkan mode pesawat di perangkat Anda untuk memutuskan koneksi internet Anda.

Setelah mode pesawat diaktifkan, buka aplikasi WhatsApp dan baca pesan yang ingin Anda baca tanpa membuat centang biru muncul. Setelah selesai membaca pesan, keluar dari aplikasi WhatsApp. Kemudian, matikan mode pesawat, dan koneksi internet Anda akan terhubung kembali.

Perlu diingat bahwa pesan tidak akan ditandai sebagai “sudah dibaca” hingga Anda membuka WhatsApp secara normal dan tersambung ke internet.

Menggunakan Widget WhatsApp

Selain dua metode di atas, Anda juga bisa membaca pesan tanpa memunculkan centang biru dengan menambahkan widget WhatsApp ke layar beranda ponsel Anda. Ketika Anda menerima pesan baru di WhatsApp, jangan membuka aplikasi WhatsApp langsung. Alihkan ke widget WhatsApp di layar beranda Anda untuk membaca pesan.

Setelah selesai membaca pesan, keluar dari widget WhatsApp. Dengan cara ini, pengirim pesan tidak akan melihat centang biru karena pesan tidak dibaca secara langsung di aplikasi WhatsApp.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan tiga metode yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan centang biru di WhatsApp. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Penting untuk diingat bahwa dengan menghilangkan centang biru, Anda juga akan kehilangan kemampuan untuk melihat apakah pesan yang Anda kirim telah dibaca oleh penerima. Oleh karena itu, tetaplah berkomunikasi dengan penuh pengertian dan saling menghormati privasi satu sama lain.

Kesimpulan

WhatsApp sebagai salah satu aplikasi pesan instan terpopuler, sering kali menimbulkan perdebatan terkait fitur centang biru yang mengindikasikan bahwa pesan telah dibaca. Meskipun sebagian orang tidak masalah dengan fitur ini, beberapa merasa khawatir akan privasi atau tekanan sosial. Namun, sekarang terdapat metode yang lebih mudah untuk menonaktifkan centang biru pada WhatsApp, tidak terbatas pada WhatsApp GB. Anda dapat melakukannya dengan mengatur privasi di aplikasi.

Ada tiga metode yang dijelaskan dalam teks untuk menghilangkan centang biru. Pertama, Anda bisa mematikannya melalui pengaturan WhatsApp. Kedua, Anda dapat membaca pesan di mode pesawat untuk menghindari centang biru. Dan ketiga, Anda bisa menggunakan widget WhatsApp di layar beranda ponsel Anda untuk membaca pesan tanpa mengaktifkan centang biru.

Penting untuk diingat bahwa dengan menonaktifkan centang biru, Anda juga akan kehilangan kemampuan untuk melihat apakah pesan yang Anda kirim telah dibaca oleh penerima. Oleh karena itu, komunikasi yang penuh pengertian dan menghormati privasi sesama pengguna tetap dianjurkan.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar