Cara Instal Virtualbox –Perkembangan teknologi informasi sangatlah cepat, terutama perkembangan system operasi. Sistem oprasi yang banyak digunakan yaitu system informasi windows.

Jika ingin mencoba system informasi yang lainnya seperti linux,MacOS dan lain sebagainya kalian bisa menggunakan virtualbox ini.

VirtualBox adalah software virtualisasi yang mempunyai fungsi sebagai perangkat simulasi suatu sistem operasi, karena memang VirtualBox adalah sebuag software yang mampu dijalankan diatas sebuah sistem operasi yang lain.  Jadi pada dasarnya VirtualBox adalah teknologi yang memungkinkan untuk kita dapat menjalankan suatu sistem operasi di dalam sistem operasi lain.

Jika Anda seorang pengguna operasi windows, dan ingin mecoba untuk menginstal linux sebelum Anda menginstal sebagai system operasi, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di VirtualBox. Dalam postingan ini sangatlah cocok bagi Anda yang menginginkan instal OS lain di perangkat Anda, karena kami akan memberikan cara instal virtualbox.

Baca Juga Artikel 7 Teknologi Yang Berpengaruh Terhadap Perkembangan Agribisnis Di Indonesia.

VirtualBox saat ini dimiliki oleh perusahaan milik Oracle. Perangkat yang digunakan sebagai tempat VirtualBox diinstal disebut sebagai Host. Anda bisa melihat list sistem operasi yang support penggunaan VirtualBox disini https://www.virtualbox.org/manual/ch01.html#hostossupport.

Sedangkan perangkat yang disimulasikan oleh VirtualBox disebut sebagai Guest. Dafter lengkap sistem operasi yang dapat disimulasikan di VirtualBox dapat dilihat di https://www.virtualbox.org/wiki/Guest_OSes

Lantas bagaimana cara instal virtualbox di Windows? Dalam kesempatan kali ini djonews.com akan memberikan cara install virtualbox, berikut penjelasannya:

Cara Instal VirtualBox

Cara Instal VirtualBox
Cara Instal VirtualBox

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstall VirtualBox:

1. Download installer VirtualBox Anda bisa langsung menuju website resminya yaitu di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads

2. Setelah hasil downloadan selesai, kemudian Anda Instal virtualbox tersebut.

3.Klik Next.

Jendela Awal Penginstalan VirtualBox
Jendela Awal Penginstalan VirtualBox

4. Pada jendela selanjutnya, Anda bisa memilih fitur apa saja yang Anda inginkan untuk diinstal.

fitur instal virtualbox
fitur instal virtualbox

Di dalam jendela tersebut terdapat 3 fitur utama yaitu:

  • VirtualBox USB Support: fitur ini supaya guest OS dapat mengenali USB yang tertancap di perangkat Komputer / Laptop.
  • VirtualBox Networking: fitur ini supaya guest OS dapat terhubung ke jaringan internet.
  • VirtualBox Phyton 2.x Support: fitur ini merupakan pemberian dukungan untuk penggunaan script Phyton.

Kami menyarankan agar Anda membiarkan pengaturan tersebut apa adanya.

5. Selanjutnya klik Browse untuk Anda memilih lokasi penginstalan.

Memilih Lokasi Penyimpanan Instalasi
Memilih Lokasi Penyimpanan Instalasi

6. Setelah selesai memilih lokasi instalasi penginstalan klik OK.

Tempat Penyimpanan Virtualbox
Tempat Penyimpanan Virtualbox

7. Selanjutnya klik Disk Usage, hal ini untuk dapat memastikan bahwa masih ada ruangan yang cukup di drive tempat instalasi Anda.

drive virtualbox
drive virtualbox

8. Apabila kapasitas drive Anda tidak mencukupi untuk proses penginstalan, maka akan muncul highlight pada drive tersebut. Bila kapasitas penyimpanan dipastikan sudah mencukupi untuk melakukan penginstalan, klik OK untuk melanjutkan. Selanjutnya klik OK.

kapasitas penyimpanan
kapasitas penyimpanan

9. muncul jendela selanjutnya seperti gambar dibawah ini.

Fitur pilihan virtualbox
Fitur pilihan virtualbox

Terdapat 4 pilihan yang bisa Anda centang:

  • Create start menu entries: menambahkan shortcut sofware di Start Menu
  • Create a shortcut on the desktop: membuat shortcut software di desktop
  • Create a shortcut in the Quick Launch Bar: membuat shortcut di Quick Launch.
  • Register file association: memastikan supaya ekstensi file yang berkaitan dengan VirtualBox dapat dibuka dengan menggunakan  aplikasi VirtualBox.

Beri tanda centang pada opsi tersebut. Kami mensarankan supaya Anda mencentang semua pilihan tersebut, selanjutnya klik Next.

10. Setelah itu, nantinya akan muncul jendela Warning: Network Interface yangmana jendela tersebut menginformasikan bahwa koneksi jaringan Anda akan terputus untuk sementara waktu ketika instalasi software virtualbox ini. Anda tidak perlu cemas, karena memang terputusnya koneksi internet Anda hanya seperti mematikan dan menyalakan internet saja, bukan mereset setting internet Anda. Klik Yes untuk melanjutkan proses penginstalan.

warning network interface virtualbox
warning network interface virtualbox

11. Selanjutnya klik tombol Install untuk memulai instalasi software virtualbox.

Ready Instal
Ready Instal

12. Pada penggunaan Windows 7 dan 8 mungkin nantinya akan muncul jendela User Account Control yang meminta untuk mengkonfirmasi penginstalan VirtualBox. Klik Yes untuk melanjutkan

following oracle
following oracle

13. Pada Saat tengah melakukan proses penginstalan, nantinya akan muncul kotak dialog yang menjelaskan Windows Security. Beri tanda centang pada Always trust software from “Oracle Corporation”. Hal ini berfungsi untuk mencegah Windows memunculkan kotak dialog yang sama lagi ketika Anda akan menginstall aplikasi lainnya dari Oracle. Selanjutnya klik Install untuk melanjutkan

kotak dialog oracle
kotak dialog oracle

14. Proses instalasi VirtualBox berlanjut, tunggulah beberapa saat untuk menyelesaikan proses penginstalan.

proses instalasi virtualbox
proses instalasi virtualbox

15. Nantinya akan muncul jendela pemberitahuan yang menerangkan bahwa proses instalasi telah selesai. Klik Finish untuk menyelesaikan proses instalasi. Apabila Anda mencentang kotak Start Oracle VM VirtualBox 6.x.x after installation, maka VirtualBox akan secara otomatis terbuka.

Selesai Penginstalan VirtualBox
Selesai Penginstalan VirtualBox

16. Berikut ini merupakan tampilan VirtualBox yang baru saja selesai Anda Instal.

tampilan virtualbox
tampilan virtualbox

Demikianlah postingan dari kami yang menjelaskan tentang langkah-langkah pengisntalan virtualbox, semoga artikel kami cara instal virtualbox ini bermanfaat untuk Anda dan mudah untuk dipraktekkan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar