Cara Efektif Mencegah dan Menghindari Tertular Virus Corona?

oleh -
mencegah virus corona

DjoNews.Com – Virus Corona telah menyerang ribuan bahkan jutaan orang di berbagai negara dan menelan banyak korban jiwa. Agar tidak tertular covid-19 yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penularannya.

Corona, virus jenis baru dengan nama ilmiah novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit yang tegolong ke dalam golongan virus serupa virus penyebab SARS (severe acute respiratory syndrome) dan MERS (Middle-East respiratory syndrome).

Infeksi virus Corona disebut sebagai COVID-19 dengan kasus awal terjadi di kota Wuhan, China dan hingga saat ini telah ditemukan kasusnya di berbagai negara, bahkan pula Indonesia.

Langkah Mencegah Tertular Virus Corona

Langkah Mencegah Tertular Virus Corona

Perkiraan awal berasumsi bahwa virus corona berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, serta dapat menular ke manusia, baik melalui hewan maupun manusia itu sendiri. Tertular-nya manusia terhadap Virus Corona ini berkemungkinan besar terjadi saat percikan dahak keluar melalui batuk atau bersin.

Seseorang akan mengalami gejala selayaknya flu, seperti demam, batuk, dan pilek, saat terinfeksi virus Corona. Namun, beberapa hari selanjutnya, orang yang terjangkit infeksi virus corona dapat mengalami sesak napas akibat infeksi di paru-paru (sering disebut: pneumonia).

Hingga kini, belum ditemukan pengobatan yang dapat menghilangkan infeksi virus Corona ini. Oleh karenanya, WHO memberikan himbauan agar masyarakat tidak memandang sepele dan senantiasa untuk selalu melakukan tindakan yang mencegah tertular virus corona.

Cara mencegah dan menghindari tertular virus Corona dapat kamu lakukan dengan menerapkan perilaku hidup bersih sehat. Pencegahan ini dianggap menjadi cara terbaik dalam upaya menghindari penyakit, apalagi dengan belum adanya obat dan vaksin untuk menanggapi Virus Corona.

Hingga Selasa (7/7/2020) jumlah kasus infeksi virus Corona COVID-19 tercatat mencapai 216 Negara 11.327.790 Terkontaminasi dan 532.340 meninggal. Para pakar pun memprediksi bahwa jumlah akan terus bertambah.

Berikut cara mencegah tertular virus corona yang telah DjoNews.com rangkum dari berbagai sumber:

Gunakan Masker Saat Keluar

Gunakan Masker Saat Keluar

Masker tetap menjadi satu alat pelindung diri yang penting untuk digunakan dalam mencegah penyebaran virus Corona COVID-19. Meski sebelumnya hanya diperuntukkan bagi orang yang sakit, namun saat ini masyarakat pun juga dihimbau untuk menggunakannya.

Halaman: Awal |1 | 2 | 3 | . | | Akhir

Tentang Penulis: Ramdhan

Gambar Gravatar
Sejak kecil gue belum gede. Terobsesi akan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *