,

Cara Dasar Belajar Komputer Dengan Cepat Untuk Pemula

oleh -
Cara Dasar Belajar Komputer Dengan Cepat Untuk Pemula
Cara Dasar Belajar Komputer Dengan Cepat Untuk Pemula

Cara Dasar Belajar Komputer Dengan Cepat Untuk Pemula – Memanglah penggunaan teknologi informasi pada saat ini memanglah sangat diperlukan, terlebih teknologi pada saat ini seperti kebutuhan yang primer seperti laptop, gadget, komputer (PC) dan lain sebagainya.

Memang pada saat ini komputer sudah menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan untuk memudahkan kerja setiap manusia. Komputer sudah meningkatkan produktivitas dibanyak berbagai bidang termasuk yaitu bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan adanya perkembangan di Era digital, kemampuan untuk dapat komputer merupakan salah satu kemampuan dasar untuk setiap aspek sehingga belajar menggunakan komputer secara dasar dengan cepat sangatlah diperlukan.

Mempelajari penggunaan dasar komputer memanglah bisa menjadi hal yang sulit jika tanpa panduan dan pengetahuan yang tepat. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai Cara Dasar Belajar Komputer Dengan Cepat Untuk Pemula.

Cara Dasar Belajar Komputer Dengan Cepat Untuk Pemula

Mengenal Hardware Komputer

Kenaliah Hardware Komputer Anda, disini kami hanya mengenalkan dasar-dasarnya saja supaya Anda mengerti, yaitu tentang menggunakan mouse / touchpad dan keyboard

Mouse memanglah bisa menjadi sesuatu yang sangat kaku dan touchpad (yang memiliki fungsi sama dengan mouse terletak di laptop,netbook,notebook) bisa menjadi sesuatu yang memanglah sangat sulit dikuasai, karena jarang menggunakannya.

Baca Juga :   Cara Memindah Object ke Center Page CorelDraw

Jika Anda sudah pernah menggunakan mesin ketik pada komputer yaitu keyboard. Keyboard pada komputer sebenarnya bisa sangat mudah di kuasai untuk menggunakan 10 jari, jika sering melakukan latihan-latihan dalam mengetik, seperti menulis artikel, menulis jornal dan lain sebagainya.

Langkah pertama supaya untuk dapat membiasakan diri dengan hardware dasar komputer adalah dengan mulai dengan bebas memegang mouse dan menggerakkannya.

Tidaklah masalah jika Anda belum memiliki kemampuan yang baik unuk mengendalikan kursor dengan mouse karena Anda akan menjadi lebih lancar dengan sembari terus mencobanya dalam menggunakan mouse.

Untuk saat ini, Anda fokuslah terlebih dahulu dalam membiasakan diri dengan mouse sehingga Anda merasa nyaman dalam menggunakannya, dan jika Anda menggunakan laptop, Anda juga harus membiasakan diri dengan menggunakan touchpad.

Latihan yang sama juga diterapkan ketika Anda belajar menggunakan keyboard. Berlatihlah dengan mengetikkan nama Anda, menuliskan alamat anda, menulis artikel, journal dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan dasar hardware komputer, Anda harus dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Menggerakan Kursor di layar dengan menggunakan mouse maupun touchpad.
  • Klik kiri, klik kanan, dan double klik dengan menggunakan mouse.
  • Mengetahui dan menggunakan fungsi-fungsi dasar pada keyboard seperti backspace, enter, spasi, delete, tab, shift, caps lock dan lain-lain.
  • Keterampilan dasar dalam mengetik.
Baca Juga :   Cara Membuat Jaringan Sharing Printer Di Cisco Packet Tracer Dengan Mudah

Mengenal Tentang Sistem Operasi

Kenalilah Sistem Operasi yang ada di perangkat Anda, disini kami akan mengenalkan tentang Sistem Operasi Windows. Memanglah Sistem Operasi Windows ini banyak digunakan, karena mudah digunakan dan juga support berbagai jenis software.

Sebagian besar dari Anda pasti tentu menggunakan sistem operasi Windows, operating system yang diproduksi oleh Microsoft yang terpasang di komputer Anda. Untuk menggunakan operating system dengan efektif, Anda harus bisa:

  • Menemukan, mengoperasikan dan menutup suatu program.
  • Bagaimana file, folder, dan direktori berfungsi.
  • Menyimpan file
  • Menggunakan Windows Explorer untuk dapat menemukan dan membuka sabuah file yang berada di hardisk komputer Anda.
  • Men-shut down dan restart komputer.

Mengenal Tentang Microsoft Office

Kenalilah Microsoft Office, disini tentu saja Microsoft Office yang pastinya digunakan yaitu Microsoft Office Word, Excel, Powerpoint.

Anda harus mengetahui tentang hal-hal berikut sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu sebagai berikut:

  • Membuka Microsoft Word.
  • Membuat dokumen baru di Word.
  • Menggunakan fungsi format dasar (catak tebal, cetak miring, garis bawah, ukuran huruf, dan jenis hururf).
  • Menyimpan dan mencetak dokumen yang telah selesai.
  • Mengetahui Rumus-Rumus di Microsoft Excel.
  • Mengenal tentang Powerpoint, semisal mengganti template dan lain sebagainya.
Baca Juga :   Cara Untuk Membeli voucher Wifi id Dengan Menggunakan Pulsa

Mengenal Web Browser dan Website

Disini kita akan membahas tentang Web Browser dan juga Website, perlu kamu ketahui bahwa sebuah komputer tanpa menggunakan internet seperti makan tanpa rasa artinya apa? Artinya tidak ada rasanya sama sekali. Internet adalah salah satu penemuan teknologi informasi yang paling besar bagi umat manusia.

Anda bisa menggunakan internet untuk selalu dapat berkomunikasi dengan teman dan saudara walaupun berada sangat jauh, mengikuti beragam sumber referensi, berbelanja, dan mencari data mengenai hal apapun. Membiasakan diri dengan menggunakan internet adalah langkah awal untuk menguasai seluruh fungsi komputer.

Untuk dapat mengakses menggunakan internet, Anda tentu saja memerlukan Web Browser. Web Browser adalah suatu software yang dapat membuka website dan menghubungkan Anda dengan internet. Baik itu menggnakan sistem operasi Windows dan sistem operasi lainnya dirancang dengan web browser di dalamnya.

  • Menggunakan internet memerlukan pengetahuan dasar dengan hal-hal sebagai berikut:
  • Menemukan dan membuka web browser.
  • Membuka website.
  • Mamahami link.
  • Membuat dan menggunakan akun email.
  • Mencari dengan Google.
  • Membuka video.

Mempelajari bagaimana cara untuk dapat menggunakan komputer tidaklah mudah, akan tetapi ini merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dipahami oleh para pemula untuk dapat menggunakan komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *