Cara Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi
Cara Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi

Cara Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi – Pemerintah saat ini sudah menetapkan bahwa masyarakat harus menggunakan alat yang bernama Set Top Box (STB). Hal tersebut dilakukan agar bisa mendapatkan channel-channel TV Digital. Lalu bagaimana cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi yang benar?

Namun, apakah sinyal televisi digital di wilayah Indonesia sudah kuat? Apakah Pemerintah harus menetapkan rencana tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa melakukan percobaan dengan menggunakan cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Baca Juga Artikel Penyebab TV Tidak Ada Sinyal Yang Harus Kamu Ketahui.

Sebelum ke pembahasan mengenai cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi, kita akan membahas tentang TV digital. Apa itu TV digital? Dikutip dari Wikipedia TV digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Baca Juga Artikel Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Penjelasan Lengkap.

Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi Ternyata Mudah

Aplikasi ini sudah dikembangkan oleh Bangunindo yang memiliki beberapa fungsi yaitu melihat kekuatan sinyal baik dari Akses Internet hingga menara BTS.

Aplikasi sinyal TV digital  pertama kali dibuat langsung oleh Bangunindo pada tanggal 26 Agustus 2020 yang lalu. Aplikasi tersebut sudah masuk ke versi 3.0.6 dan melakukan pembaharuan sejak satu tahun terakhir ini.

Baca Juga Artikel Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Pada Semua Merk TV, Berhasil

Pembaruan terakhir yang dilakukan oleh perusahaan, terjadi pada tanggal 15 Juni 2021. Aplikasi ini sudah didownload sebanyak 100.000 kali dengan rating yang kecil yakni 2.8.

Review Aplikasi sinyal TV digital

Aplikasi yang satu ini tak akan menampilkan banyak kerumitan untuk dapat dilihat oleh para penggunanya. Sebab ketika Anda baru membuka aplikasinya, sinyal TV akan langsung menampilkan peta wilayah di Indonesia dengan indikator kekuatan sinyal TV Digital.

Berdasarkan panduan aplikasi, dijelaskan bahwa warna Merah (Kuat), Hijau sampai Kuning (Sedang), dan Abu-abu sampai Biru (Lemah). Bahkan, tampilan pada aplikasi sinyal TV digital akan menunjukkan lokasi menara untuk transmisi yang ada di wilayah Anda.

Dimana transmisi terdekat yang ada di zona tersebut terdiri dari 10 channel TV Digital yang tersebar di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Bekasi.

Fitur Utama Aplikasi Sinyal TV Digital

Terdapat 3 fitur utama yang ada di aplikasi sinyal TV digital untuk melihat kekuatan sinyal di daerah Anda.

Pertama, terdapat fitur MUX List yang menunjukkan deretan channel untuk  pemancar konten atau memegang MUX di wilayah terdekat.

Kedua, terdapat fitur yang logonya “target” apabila mengklik akan menampilkan MUX terdekat dan terkuat untuk dapat dinikmati oleh Anda.

Dengan menggunakan cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi yang satu ini, Anda bisa langsung melihat  detail terkait lokasi, kekuatan sinyal, hingga update terakhir.

Terakhir, ada fitur “Konten Siaran” yang akan membuat Anda mengetahui channel apa saja yang dapat ditonton melalui TV Digital.

Kekurangan Dari Aplikasi Sinyal TV Digital

Dengan adanya semua kemampuan  pada sinyal TV digital, aplikasi ini masih mempunyai kekurangan. Aplikasi yang satu ini kadang mengalami sedikit gangguan akses atau mengalami lag pada saat mengetuk sejumlah fitur yang ada di dalamnya.

Kemudian, dengan adanya fitur “Pencarian” yang berguna untuk melihat seberapa kuat sinyal di luar wilayah Jabodetabek dan tidak berjalan dengan baik. Terdapat kemungkinan bahwa aplikasi sinyal TV digital hanya dapat merinci wilayah keberadaan penggunanya saat itu.

Cara Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi

a Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi
Cara Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi

Cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi, apakah bisa? Masa hidup siaran TV analog di Indonesia sebenarnya telah usai. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memulai perhentian siaran analog dan migrasi ke digital dimulai dari 2022 mendatang.

Adanya perubahan pada siaran televisi analog sempat mengalami penundaan, seharusnya dimulai sejak 17 Agustus 2021 lalu. Kominfo mengatakan, pemerintah lebih fokus pada pemulihan dan penanganan pandemi corona sampai kesiapan teknis yang masih terbilang kurang untuk melakukan migrasi.

Terdapat rincian jadwal terbaru penghentian siaran TV analog yang dilakukan dalam tiga cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi.

Tahap 1: dimulai dari 30 April 2022 di 56 wilayah.

Tahap 2: dimulai dari 25 Agustus 2022 di 31 wilayah.

Tahap 3: dimulai dari 2 November 2022 di 25 wilayah.

Kominfo akan memastikan masyarakat masih dapat menonton TV seperti biasa melalui siaran digital dan tidak membutuhkan biaya iuran. TV lama yang berbentuk tabung pun masih dapat digunakan dengan dibantu perangkat yang bernama set top box (STB).

Perangkat STB sangat diperlukan untuk menangkap siaran TV dengan menggunakan teknologi Digital Video Broadcasting–Terrestrial Second Generation (DVB-T2). Sehingga, Anda tidak perlu membeli TV baru untuk menonton acara-acara televisi kesayangan.

Di bawah ini adalah cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi supaya dapat menonton dengan lancar menggunakan antena biasa.

1. Siaran TV Digital Sudah Tersedia

Apabila Anda ingin cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi apakah lokasi atau wilayah sudah mendapatkan siaran TV digital, maka ada dua cara yang dapat dilakukan.

Pertama, Anda bisa mulai mengecek situs siaran digital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran atau mengunduh aplikasi sinyal TV Digital di Google Play Store.

2. Mempunyai Antena UHF

Apabila Anda saat ini sudah menonton siaran TV analog dengan menggunakan antena bersifat UHF. Maka jangan dibuang karena masih dapat digunakan untuk menangkap siaran digital. Antena UHF yang dapat digunakan adalah berupa antena luar ruangan dan dalam ruangan.

3. Terdapat Set Top Box DVB-T2

Anda harus menggunakan perangkat set top box DVB-T2 yang bisa didapatkan secara gratis melalui Kominfo atau membelinya a dari toko elektronik maupun e-Commerce. Harga dari set top box sendiri berkisar mulai dari Rp 150.000,-.

4. Hubungkan Set Top Box Ke TV Analog

Anda dapat menyambungkan perangkat set top box ke TV analog melalui kabel AV yang port ujungnya merah, putih, dan kuning. Ikuti saja langkah-langkah pemasangannya dengan benar.

5. Cari Siaran Digital Di TV Analog

Pada saat TV sudah terhubung dengan set top box, hidupkanlah perangkat STB tersebut. Kemudian, carilah menu AV di TV dan pilih opsi Pengaturan atau Setting. Lalu, lanjutkan dengan pilih “Auto scan” untuk memindai program siaran TV Digital.

Cara Memasang Antena TV Benar

Di bawah ini adalah cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi yang bisa Anda lakukan dengan benar.

  • Pertama, Anda harus memilih jenis antena yang akan mendukung siaran TV digital.
  • Kemudian, pastikanlah konektor antena sesuai kebutuhan.
  • Lalu pasang penyangga kabel yang ada pada antena.
  • Selanjutnya, hubungkanlah antara kabel dan konektor.
  • Kemudian pasang konektor ke TV dan colokan ke TV.

Pemerintah berharap jika proses pembuatan siaran dari TV Analog ke TV Digital dapat segera terlaksana secara bersamaan di wilayah Indonesia. Hal ini berguna sekali agar masyarakat Indonesia bisa memperoleh kualitas siaran yang berkualitas tanpa adanya gangguan.

Dengan adanya aplikasi buatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) ini. Diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengetahui jangkauan sinyal dan Stasiun Pemancar terdekat.

Itu saja informasi terkait cara cek sinyal TV digital tanpa aplikasi yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Semoga informasi ini bisa menambah ilmu pengetahuan untuk Anda yang ingin memasang TV digital dengan mudah dan benar.

Bagikan:

Tinggalkan komentar