Rekomendasi Biaya Pondok Pesantren yang Murah Berkualitas

DJONEWS.COM – Berikut ini adalah daftar rekomendasi terkait biaya pondok pesantren yang murah terjangkau yang bisa untuk Anda ketahui.

Sebagai orang tua tentunya ingin memiliki anak yang alim faqih faham agama dan baik budi pekertinya, namun karena keterbatasan waktu dan kemampuan sehingga untuk membentuk itu tidaklah mudah.

Alhamdulillah di Indonesia telah hadir berbagai jenis pondok pesantren berkualitas. Dengan ini menjadikan para orang solusi untuk anak-anaknya.

Termasuk juga Anda perlu tahu akan daftar nama ponpes dengan biaya pondok pesantren yang murah berkualitas di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi dan terbukti.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan Anda baca ulasan berikut dibawah ini.

Daftar Tempat dan Biaya Pondok Pesantren yang Murah Berkualitas

Silahkan Anda baca lebih lanjut akan biaya pondok pesantren yang murah berkualitas berikut ini.

1. Pondok Pesantren Gontor, di Ponorogo

biaya pondok pesantren yang murah

Hampir semua pondok pesantren modern didirikan oleh alumni pondok pesantren yang berdiri pada 1926 ini. Siapa yang tidak kenal pondok pesantren Gontor.

Pondok pesantren yang berada di wilayah Jawa Timur, tepatnya di Ponorogo ini dikenal sebagai pelopor pondok pesantren bersistem modern yang ada di Indonesia.

Mengenai kualitasnya sudah terbukti. Alumni-alumninya sangat banyak mewarnai sejarah Indonesia. Seperti Idham Cholid, KH. Hasyim Muzadi, Din Syamsudin, Lukman Hakim Saefudin, Maftuh Basuni, dan banyak tokoh lainnya.

Pondok pesantren dengan jumlah total santri 15.000-an ini memiliki biaya yang sangat murah dibanding kualitasnya yang cukup baik.

Untuk pendaftarannya hanya Rp. 5.320.000,- update pada tahun 2019. Untuk bulanannya Rp.630.000,- sudah makan tiga kali lho. Oleh sebab itu pondok pesantren Gontor merupakan salah satu pondok dengan biaya pondok pesantren yang murah berkualitas di Indonesia.

2. Pondok Pesantren Langitan, di Tuban

Pondok pesantren di daerah Widang, Tuban ini menjadi salah satu pesantren terbesar di Indonesia dengan jumlah santri sekitar 10.000-an.

Pesantren Langitan namanya melambung ketika banyak santrinya melahirkan shalawat dengan suara-suara begitu indah. Kaset-kasetnya tersebar di seluruh penjuru Indonesia, terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Kualitas pesantren ini tidak perlu diragukan. Fokus pada pendidikan salaf, klasik, dengan model sorogan mengaji kitab kuning, pesantren ini melahirkan banyak pimpinan pondok-pondok pesantren klasik di Indonesia, juga dai-dai.

Bahkan disiplin anti rokoknya juga menjadi perhatian tersendiri bagi pesantren dengan nuansa kental khas Nahdlatul Ulama.

Uniknya lagi bahwa biaya pondok pesantren yang murah ini cukup Rp.500.000,- rupiah saja. Tidak perlu mahal untuk pendidikan yang berkualitas.

Efeknya santri-santri yang masuk tersebar dari seluruh Indonesia. Oleh sebab itu pesantren ini masuk dalam jajaran pondok pesantren murah berkualitas terbaik di Indonesia.

3. Pondok Pesantren Lirboyo, di Kediri

Lirboyo adalah legenda pondok pesantren klasik selain Sidogiri dan Langitan. Terletak di Kediri, pondok pesantren ini terlihat cukup besar dibandingkan pondok pesantren lainnya. Menaranya pun terlihat sangat tinggi.

Pendidikannya khas, pendidikan klasik. Mengaji kitab kuning menjadi fokus di pesantren ini. Uniknya budaya tulis menulis cukup tinggi di pesantren yang terbiasa memakai sarung setiap harinya. Bisa dikatakan Lirboyo mirip dengan Langitan, dan Sidogiri.

Untuk biaya pondok pesantren ini sangat murah yaitu sekitar Rp. 26.000,- setiap bulan. Saya pun tidak mempercayainya. Tapi ini benar-benar tercantum di brosur resmi.

4. Pondok Sidogiri, di Pasuruan

Sidogiri adalah pondok pesantren tertua di Indonesia, usianya lebih dari tiga abad. Dari website resmi pondok pesantren, tertulis 1745. Artinya pesantren ini tidak perlu diragukan dari segi ketahanan menghadapi perubahan zaman.

Kualitas pun tidak bisa dianggap sebelah mata. Dari Sidogiri lah banyak kyai di pesantren-pesantren klasik menimba ilmu. Bahkan pesantren ini sangat dikenal sebagai pesantren dengan kegiatan budaya bahsul masa’il yang cukup mumpuni.

Alfiah menjadi hal wajib di pesantren dengan jumlah santri sekitar 8.000-an. Kalau pagi selepas subuh keliling pesantren, pasti terdengar semua santri menghafalkan bait-bait bersama-sama. Indah sekali.

Di website resminya, masuk pondok pesantren legendaris ini hanya butuh dana sebesar Rp. 1.550.000,-. Artinya pendidikan yang bagus tidak pasti mahal. Oleh sebab itu Sidogiri termasuk dalam pondok pesantren murah berkualitas di Indonesia.

5. Pondok Pesantren Selamat, di Batang

Semakin ke timur biaya pendidikan semakin murah. Itu benar adanya, hampir semua pondok pesantren murah berkualitas berada di wilayah timur. Namun kali ini kami memasukkan pondok pesantren biaya yang murah yaitu ponpes Selamat, Batang, Jawa Tengah.

Pesantren ini bernuansa modern. Alumni dari pondok pesantren Gontor. Secara pendidikan tentu banyak kemiripan. Memang jika berbicara alumni dari pesantren ini belum banyak terlihat. Namun demikian di Jawa Tengah, pondok pesantren ini cukup terpandang.

Yang membuat kami masukkan dalam pondok pesantren murah berkualitas adalah biayanya yang terjangkau. Pendaftarannya sebesar Rp. 6.000.000,- adapun biaya bulanan sebesar Rp. 600.000,-.

6. Pondok Pesantren Darul Hikam, di Mojokerto

Perlu untuk Anda ketahui bahwa Darul Hikam adalah pondok pesantren di wilayah Mojokerto, Jawa Timur. Pesantren ini unik karena seperti Boarding School modern, namun kegiatan kesehariannya bernafaskan pendidikan pesantren klasik.

Pendidikan formalnya SMP dan SMA, namun pendidikan di asrama mengaji kitab kuning dan hafalan al Quran. Hal ini karena pimpinan pondoknya adalah imam masjid besar di Negara Singapura.

Kualitas pesantren ini adalah alumni yang tersebar di Eropa, seperti Turki, juga di Timur Tengah, seperti Mesir.

Prestasi pesantren ini juga mentereng, juara robotic tingkat Asia di Jepang pada tahun 2017 menyisihkan banyak Negara seperti Jepang, China, Filipina dan beberapa Negara lainnya.

Pesantren ini juga pernah meraih nilai UAN tertinggi dan mendapatkan sertifikat penghargaan dari diknas, tahun 2015, dengan nilai IIUN 85.39.

Biayanya cukup standard, untuk masuknya membutuhkan biaya sekitar Rp.6.700.000,-  sedangkan untuk bulanannya, Rp. 1.500.000,- biaya ini sudah termasuk untuk study tour ke Malaysia di akhir masa pendidikan di pondok pesantren Darul Hikam.

Oleh sebab itu pesantren ini masuk dengan biaya pondok pesantren yang murah berkualitas yang ada di Indonesia.

Pondok Pesantren Biaya Murah Berkualitas di Indonesia by Plat H TV

Manfaat Memasukan Anak ke Pondok Pesantren

Memasukkan anak ke pondok pesantren memiliki beberapa manfaat, antara lain selain Anda memperhatikan biaya pondok pesantren yang murah dan berkualitas.

Pendidikan Agama yang Mendalam:

  • Pondok pesantren umumnya memiliki kurikulum yang fokus pada pendidikan agama Islam, termasuk mempelajari Al-Qur’an, hadits, fikih, dan akhlak.
  • Anak-anak akan dibimbing oleh ustadz dan ustadzah yang kompeten dan berpengalaman dalam ilmu agama.
  • Lingkungan pesantren yang kondusif akan membantu anak-anak untuk lebih mudah memahami dan mengamalkan ajaran agama.

Pembinaan Karakter:

  • Pondok pesantren menerapkan disiplin dan tata tertib yang ketat untuk membantu anak-anak养成良好的习惯 dan karakter.
  • Anak-anak akan diajarkan nilai-nilai moral dan etika seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kemandirian.
  • Pesantren juga membantu anak-anak untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kepedulian terhadap sesama.

Prestasi Akademik:

  • Banyak pondok pesantren yang memiliki kurikulum pendidikan formal yang setara dengan sekolah umum.
  • Beberapa pesantren bahkan memiliki program unggulan untuk mempersiapkan anak-anak mengikuti olimpiade sains dan keagamaan.
  • Pesantren juga membantu anak-anak untuk belajar disiplin dan fokus dalam belajar.

Keterampilan Hidup:

  • Di pesantren, anak-anak belajar untuk hidup mandiri dan mengurus diri sendiri.
  • Mereka juga belajar untuk bekerja sama dengan orang lain dan menyelesaikan masalah bersama.
  • Pesantren juga membantu anak-anak untuk mengembangkan bakat dan minat mereka.

Memperkuat Jaringan Pertemanan:

  • Di pesantren, anak-anak akan bertemu dengan banyak teman dari berbagai daerah.
  • Hal ini dapat membantu mereka untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan menjalin pertemanan yang positif.
  • Jaringan pertemanan yang luas juga dapat membantu anak-anak di masa depan.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua pondok pesantren sama. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasukkan anak ke pondok pesantren, antara lain:

  • Kurikulum dan program pendidikan yang ditawarkan.
  • Kualitas ustadz dan ustadzah.
  • Fasilitas dan infrastruktur yang tersedia.
  • Biaya pendidikan.
  • Kesesuaian dengan kebutuhan dan karakter anak.

Orang tua perlu melakukan riset dan berdiskusi dengan anak sebelum memutuskan untuk memasukkannya ke pondok pesantren.

Terima kasih Anda sudah hadir untuk membaca ulasan berjudul daftar biaya pondok pesantren yang murah dan berkualitas di Indonesia.

Bagikan:

Tinggalkan komentar