Berminat Turunkan Berat Badan, Konsumsi Tanaman Umbi Porang

oleh
image 2021 07 15 180216 - Berminat Turunkan Berat Badan, Konsumsi Tanaman Umbi Porang
Budidaya tanaman porang.

Djonews.com – Tanaman porang kini banyak diburu dan diperbincangkan karena ternyata memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan lain. Padahal tanaman porang ini termasuk golongan ubi-ubian. Meskipun perawatannya yang cukup mudah tanaman porang ini memiliki banyak keistimewaannya.

Berikut beberapa sifat yang ada di umbi porang (Amorphhophallus muelleri) dan menjadi alasan kenapa harga tanaman porang sangat mahal dibandingkan jenis tanaman umbi-umbi lainnya.

  1. Bagus untuk diet Alasan pertama mengapa tanaman porang dijual dengan harga mahal adalah karena di dalam umbi porang, terkandung karbohidrat glukomanan.

    Glukomanan adalah nutrisi yang termasuk karbohidrat rantai panjang. Artinya, saat dimakan karbohidrat tersebut tidak mudah dicerna dengan baik. Maka dari itu kalau ingin diet perbanyak makan porang.
  2. Netralitas tinggi Selain bisa digunakan atau sangat baik untuk program diet, kandungan karbohidrat glukomanan bisa dicampur dengan makanan apa saja.

    Porang ini dicampur dengan gula cocok, dicampur garam cocok, dicampur sayur di rajang-rajang (dipotong-potong), dicampur air bersih cocok.

    Tidak hanya bahan pangan, ternyata tanaman porang juga cocok untuk dicampur bahan-bahan medis dan juga industri.
  3. Manfaat kesehatan lain dari Porang Selain bermanfaat untuk diet, senyawa glukomanan ini dinilai dapat menjadi sumber bahan pangan yang sehat.

    Sebab, bisa menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula darah, mencegah kanker, dan mengatasi sembelit.

    Tidak hanya itu, mengutip web Balai Penelitian tanaman Aneka Kacang dan Umbi, kandungan senyawa pada tanaman porang kaya akan karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, kristal, kalsium oksalat, alkaloid, dan serat pangan.
  4. Bisa membentuk lapisan tipis negatif  film Porang bisa membuat lapisan negatif film yang sangat tipis dan bahkan kedap air, serta transparan. Bahkan, meskipun belum dirilis ataupun dinyatakan kebenarannya, tetapi dipercaya dahulunya Porang digunakan untuk membuat bagian-bagian kedap air di pesawat terbang. Namun, mengenai hal ini masih memerlukan riset lanjutan tentang kebenarannya.
  5. Bisa mengembang 100-200 kali bentuk aslinya. Alhasil, pembuatan pangan dari Porang diyakini sangat mungkin memenuhi kebutuhan pangan dengan bahan yang relatif sedikit.
  6. Campuran filer (pelapis) obat Dengan sifat Porang yang bisa mengembang sekitar 100-200 kali tersebut. Maka daripada itu, Porang ini seringkali dijaidkan tembahan untuk filer obat.

    Filer obat yang dimaksudkan adalah bahan tambahan dalam obat yang dipergunakan untuk dapat menyebar luaskan obat saat dikonsumsi manusia. (Tim Redaksi)
Baca Juga:  Ojol Dapat Order Korban Meninggal SMPN 1 Turi Sleman

Tentang Penulis: Kunairoh

Gambar Gravatar
Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *