fbpx

Begini Caranya Atasi Keuangan Usai Lebaran, Agar Tidak Boros

  • Bagikan
Begini Cara Atasi Keuangan Usai Lebaran, Agar Tidak Boros

Djonews.com, KEUANGAN – Merupakan hal yang terindah dan dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia terutama Indonesia usai menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh lamanya. Hal yang dinanti ialah hari raya Idul Fitri yang mana banyak tradisi yang dilakukan.

Beberapa di antaranya seperti mudik, membeli baju baru, membeli bahan-bahan masakan, membelikan seluruh anggota keluarga hadiah, memberikan kerabat hantaran, melakukan open house.

Tanpa disadari, Lebaran bisa menjadi momen yang mengkhawatirkan untuk keuangan Anda. Terlebih, jika tidak dibarengi dengan kemampuan untuk mengelola keuangan yang baik dan benar.

Itulah mengapa, kita harus menyiapkan strategi khusus agar pengeluaran menjelang Lebaran tetap bisa dikontrol. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros?

Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros, yang bisa jadi sumber inspirasi.

Cara mengatur keuangan jelang lebaran agar tidak boros yang pertama adalah belanja kebutuhan Lebaran sesuai yang dibutuhkan.

Walau pada saat menjelang Lebaran banyak sekali toko online maupun offline yang menjual dagangan dengan potongan harga besar, Anda harus bisa menahan diri,agar tidak membeli barang-barang diskon, yang tidak termasuk barang yang dibutuhkan saat Lebaran.

Sebelum berbelanja, buatlah daftar belanja agar tidak belanja barang di luar kebutuhan Lebaran.

Cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros yang kedua adalah dengan tidak menggunakan kartu kredit secara berlebihan.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memiliki banyak fungsi. Namun, terlalu sering menggunakan kartu kredit apalagi jika dilakukan secara berlebihan, bisa merusak keuangan Anda.

Saat menggunakan kartu kredit terlalu sering, pada bulan berikutnya, Anda akan mengeluarkan uang untuk membayar tagihan.

Agar tidak boros saat Lebaran, batasi penggunaan kartu kredit dan gunakan kartu kredit kurang lebih sebesar 30 persen dari pendapatan. Jika lebih dari itu maka pendapatan akan berkurang dan tidak bisa ditabung.

Baca Juga:  Peringati HGN 2020 di Masa Pandemi

Menggunakan uang THR atau uang tunjangan hari raya dengan bijak merupakan cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros, yang bisa dilakukan.

Jika mendapatkan THR, lebih baik jangan langsung digunakan untuk membelanjakan sesuatu, karena uang THR bisa terbuang secara percuma.

Gunakan uang THR untuk berbagi terhadap sesama, atau gunakan uang THR untuk membayar zakat, kemudian tabung uang THR yang masih tersisa.

Cara mengatur keuangan jelang Lebaran agar tidak boros selanjutnya adalah menyisihkan uang terlebih dahulu untuk ditabung sebagai dana darurat. Cara yang satu ini bisa dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang tak terduga, yang bisa terjadi saat sebelum dan sesudah Lebaran.

Jika  tidak menyisihkan uang untuk dana darurat sejak dini maka pengeluaran akan membengkak, dan bisa menyebabkan utang.(TRDjonews)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.