Djonews.com, KEUANGAN – Membuat resolusi keuangan merupakan hal yang sering dilakukan apa lagi kali ini Tahun Macan Air. Namun terkadang, rencana yang sudah direncanakan tidak sejalan dengan kenyataan, ada saja kebutuhan dadakan yang mungkin mengganggu pos investasi.

Namun jangan khawatir, untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa cara memilih investasi bagi pemula yang bisa anda manfaatkan untuk bisa mengatur resolusi keuangan. Sehingga tidak akan khawatir jika ada kebutuhan yang mendadak.

Untuk investasi bagi pemula bisa membeli reksa dana maupun Surat Berharga Negara (SBN). Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  apalagi saat ini tengah marak investasi-investasi bodong. Maka, pastikanlah produk investasi tersebut mendapatkan legalitas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lalu bagaimana cara untuk berinvestasi ?

Dalam hal ini anda bisa menggunakan strategi Dollar Cost Averaging (DCA), yaitu berinvestasi setiap bulan ataupun setiap minggu dengan jumlah uang yang sama. Strategi ini juga disebut sebagai nabung rutin, dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur auto debet pada rekening.

Melalui cara tersebut, anda dapat memulai cara kebiasaan berinvestasi secara konsisten dan dapat mengurangi resiko kebiasan konsumtif ketika anda memiliki dana yang mengendap atau menganggur. Selain itu, cara ini juga cocok untuk menjadi investor dengan pendapatan bulanan yang bersifat tetap.

Perlu diketahui, dalam berinvasi dengan cara DCA ini, tidak haris menggunakan nominal besar, yang terpenting ialah anda bisa berinvestasi secara rutin. Sehingga terdapat akumulasi dana investasi yang akan terus mengalir dan mendapatkan keuntungan di setiap perodenya.

Oleh karena itu, jika anda masih pemula anda bisa memanfaatkan metode DCA dengan berinvestasi secara berkala di periode yang berbeda-beda.

Cara yang kedua iala dengan metode Lump Sum (LS), dengan cara ini kita hanya menyetorkan sejumlah dana yang cukup besar di awal investasi dan membiarkan uang investasi tersebut untuk bergerak mengikuti perkembangan pasar. Cara inipun bisa tanpa melakukan tambahan investasi sampai investor atau pemilik modal yang memutuskan untuk meneruskan atau mencairkannya.

Untuk menggunakan cara ini, sangat cocok  dipakai untuk para pemula yang ingin bermain di investasi karena cara ini banyak di gunakan kepada para pemula yang tidak memiliki pendapatan tetap.

Dengan menggunakan metode di atas, andak akan mendapatkan timbal balik yang cukup tinggi jika melakukan investasi pada saat yang tepat yakni dengan membeli pada saat harga-harga NAB (Nilai Aktiva Bersih) sedang turun pada posisi terendah.

Sehingga untuk anda memungkinkan investor memperoleh lebih banyak unit investasi pada harga yang lebih murah, dan menjual pada saat harga NAB pada posisi tertinggi.

Tapi perlu di ingat lagi, cara memilih investasi bagi pemula yang  bagus yakni dengan melihat kondisi pasar yang  sulit diprediksi. Tentu diperlukan pengalaman serta keahlian dalam menganalisa siklus pasar.

 Jika anda pemula dalam berinvestasi menggunakan metode LS memiliki risiko kerugian yang relatif lebih tinggi dibanding DAC ketika harga mengalami penurunan drastis.

Lalu bagaimanakah cara memilih investasi bagi pemula ?

Untuk memilih investasi yang cocok untuk anda, anda bisa melakukan analisis pada pasar modal, dengan melakukan dua cara, yakni analisis fundamental dan teknikal supaya sebelum anda terjun di investasi bisa mengetahui seluk beluknya.

ANALISIS FUNDAMENTAL

Apa itu analisis fundamental? Analisis fundamental yaitu analisis yang bertujuan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan tertentu dengan pertimbangan kondisi makro ekonomi global.

Semisal kondisi makro ekonomi dalam negeri misalnya kebijakan suku bunga BI, kurs rupiah, bahkan kondisi sosial dan politik dalam negeri. Prospek pertumbuhan per sektor usaha seperti kondisi pertumbuhan industri serta fundamental perusahaan seperti kondisi arus keuangan dan aset perusahaan.

ANALISIS TEKNIKAL

Sementara itu, apakah analisis teknikal?  analisis teknikal  ialah  cara memperlajari kondisi historis harga di masa lalu untuk bisa anda dapatkan gambaran mengenai pergerakan harga di masa kini dan mendatang. Untuk menerapkan analisis teknikal ini anda membutuhkan keahlian khusus seperti dalam perhitungan rumus statistika dan algoritma untuk dapat membaca pergerakan grafik dan harga saham.pjo

Rangkuman diatas ialah cara memilih investasi bagi pemula yang bisa anda manfaatkan untuk mengolah dana menganggur. Anda dapat mulai memanfaatkan informasi diatas untuk belajar berinvestasi. Tidak apa memulai investasi dengan nominal yang kecil, yang terpenting konsisten dan sejak dini.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar