Beberapa Rumah Siap Kena Longsor

oleh -
Rawan Longsor
Rawan Longsor

Djonews.id – Semarang, Penghuni rumah di Jalan Lempuyang I RT 11 RW 8, Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang resah. Karena tebing setinggi 16 meter yang di dekat rumah mereka rawan longsor gara-gara dikeruk untuk akses jalan. Warga merasa waswas karena takut terjadi longsor susulan.

“Sebelumnya sudah pernah longsor dan pagi tadi warga seusai menjalankan salat Subuh, jalan longsor,” katanya.

Yang ditakutkan warga, longsoran bisa bertambah lebar karena area yang dikeruk tidak memiliki fondasi lagi. “Warga itu resah karena saat ini sudah memasuki musim hujan sehingga sangat rawan akan terjadi longsor susulan yang merugikan warga. Kami hanya bisa pasrah dan menyerahkan masalah ini kepada kelurahan,” tambahnya.

Baca Juga :   Uji KIR Wajib Pakai Hand Sanitizer

Bahkan kepercayaan pengembang, bernama Munif, ketika di telpon melalui Hpnya tidak diangkat, alasannya sedang luar kota hanya mengirimkan anak buahnya dengan meratakan bukit. “tadi sudah saya hubungi tetapi menurut anakbuahnya pak munif sedang luar kota. Padahal ini tidak ada hubungannya,” imbuhnya.

Salah seorang warga, Ii Triyono mengaku tidak tahu kapan tebing itu longsor. Ia baru tahu ketika ada kabar dari tetangga. Pembuatan akses jalan dilakukan dengan mengeruk menggunakan alat berat. Area kerukan tegak lurus dengan tebing. Alat berat hingga kemarin masih terlihat di lokasi pengerukan. “Pengembang itu mengeprasnya dengan cara tegak lurus sehingga membuat tanah menjadi rawan longsor, apalagi ini musim penghujan kemungkinan longsornya tinggi,” katanya.(ss)

Menyalinkode AMP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *