Beberapa Daerah Dilatih Simulasi Bencana

42 sec read

Gunung Merapi sewaktu erupsi beberapa waktu lalu.(istimewa)

Djonews.com – Semarang, Beberapa hari lalu warga sempat dibuat hebohkan dengan munculnya aktivitas vulkanik yang ada di Gunung Merapi, Maka dari itu Pemprov Jateng kan melakukan simulasi kepada warga masyarakat di beberapa daerah.

Menurut Pemprov Jateng setidaknya ada 3 wilayah yang rawan terkena aktivitas vulkanik yaitu Kabupaten Klaten, Boyolali dan Magelang. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan sebenarnya kesadaran bencana masyarakat di tiga wilayah tersebut sudah baik

Baca Juga;

“Kalau warga sebenarnya sudah siap, cuma ini kan suasananya lagi Covid-19. Harus ada latihan evakuasi,” kata Ganjar sekatu berada di Klaten,Rabu(8/7).

Sementara itu dalam jalannya simulasi, masyarakat akan diajarkan bagaimana cara mengungsi yang sesuai dengan protokol kesehatan. “Dan memastikan shelternya baik. Shelter baik itu adalah yang sesuai protokol kesehatan Covid. Kalau itu kita siapkan, maka masyarakat akan peduli,” katanya.

Selain manusia, latihan evakuasi tersebut juga terhadap hewan-hewan ternak warga. Ganjar mengatakan pada erupsi-erupsi sebelumnya warga yang sudah mengungsi tergoda untuk kembali ke rumah karena hewan ternak yang dia tinggal.

Baca Juga:  Lockdown Mandiri, Kampung Mugas Semarang

Pengamanan ternak, lanjutnya, juga akan masuk ke dalam simulasi evakuasi tersebut. “Karena sesuai pengalaman, kalau ternak ditinggal akan memancing masyarakat untuk kembali ke sini. Maka nanti kita gandeng perguruan tinggi yang juga menyediakan pakannya,” katanya.kiur.

Baca Berita Harian Semarnag Klik Disini

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *