Banyak Jembatan yang Tidak Berizin

oleh -
foto : ilustrasi.
foto : ilustrasi.

Djonews.com – Semarang,Puluhan jembatan di sepanjang jalan Kaligawe Semarang belum sesuai ketentuan. Hal ini menyebabkan terganggunya aliran air yang kerap kali melimpas ke jalan raya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno mengatakan, memang masih banyak jembatan yang posisinya rendah. Beberapa jembatan sudah dibangun sejak lama. Pihaknya akan menertibkan jembatan-jembatan ini.

”Sistem kali Tenggang. Depan Nyonya Meneer, Jamu Jago. Itu ada jembatan-jembatan rendah. Kami akan melakukan pendekatan dulu, baru nanti akan kita bongkar,” jelasnya di Semarang, belum lama.

Ruhban menjelaskan, dari sekian banyak jembatan memang masih banyak juga yang belum berizin. BBWS mendorong agar jembatan-jembatan dibangun dengan izin sehingga sesuai dengan ketentuan, yakni dengan desain sesuai dengan tinggi muka air banjir maksimal.

Baca Juga :   New Vario Hadir, Kalahkan Skutik Lain

”Masih banyak sekali yang belum sesuai. Puluhan ada. Nanti kita tertibkan,” timpalnya.

Ruhban menambahkan, beberapa jembatan memang sudah mengantongi izin. Sehingga, pembangunannya dilakukan sesuai dengan arahan BBWS.

”Kami arahkan agar gelagar jembatan di atas permuklaan banjir maksimal,” jelasnya.

Joko Adi (28), warga Semarang yang kerap melintas jalan Kaligawe Semarang mengatakan, memang banyak jembatan lama yang masih sejajar dengan permukaan jalan yang lama. Menurutnya, jembatan-jembatan rendah ini memang menjadi salah satu penyebab banjir di Kaligawe. ”Tentu sangat mengganggu aktivitas. Karena banjir di Kaligawe sama dengan macet,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *