Bangkitkan Ekonomi Warga Sekitar Eks Napi Buka Saung Sawah Lele

oleh

Semarang – Warga sumur adem IV Kelurahan Bangetayu Kulon Kecamatan Genuk yang bernama Sri Pujimulyo Siswanto yang juga merupakan eks narapidana kasus teroris berhasil melakukan budidaya ikan lele dirumahnya. Hal tersebut membuat Ganjar mengapresia aktivitas positif seorang eks napi teroris.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo  yang melihat sendiri pembudidayaan ikan lele turut mengacungkan jempol sembari mengapresiasi langkah Siswanto yang bisa dijadikan contoh bahwa eks narapidana bisa berinovasi untuk masyarakat.

“Ini contoh yang bagus, bagaimana eks napiter ini bisa kembali diterima masyarakat. Pak RT mendukung, pengusaha dan masyarakat mendukung, akhirnya mereka diterima, saling bantu bahkan bisnis bareng. Narasi-narasi positif inilah yang harus kita gaungkan,” ujar Ganjar sewaktu gowes Minggu (20/12/2020) pagi.

Lebih lanjut orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut berharap untuk tetap mempertahankan budidaya seperti ini sebab menurutnya, ada dua persoalan eks napiter bisa kembali pada masyarakat setelah bertobat. Pertama adalah tingkat penerimaan masyarakat, dan kedua sektor ekonomi.

“saya mengucapkan terimakasih karena masyarakat mau menerima, sudah nggak takut dan teman-teman eks napiter ini juga ketika masuk sudah tidak tertutup lagi. Mereka sudah terbuka, yang biasanya melotot, sekarang tertawa bersama,” tandasnya.

Baca Juga:  Covid-19 Membuat Pengelola Semarang Bridge Fountain Hati-hati

Sementara itu, Sri Pujimulyo Siswanto mengatakan bahwa inisiasi budidaya lele bersama eks napiter dan masyarakat sekitar sejak 2019 lalu. Dengan awal yang berkapasitas 7.500 san ekor itu sudah panen satu kali.

“Panen pertama tidak kami jual, tapi kami bagikan pada masyarakat. Ini mau panen kedua, dan kami berencana membuka kuliner Lele Sawah dengan membangun saung di sekitar lahan ini,” harapnya.mda