Bahan Dan Media Beserta Unsur-Unsur Pewarnaan Dalam Karya Seni Rupa 2 Dimensi

oleh -
Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi
Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Bahan Dan Media Beserta Unsur-Unsur Pewarnaan Dalam Karya Seni Rupa 2 Dimensi – Dalam berkarya seni tentu saja Anda harus mengetahui tentang jenis-jenisnya yaitu karya seni rupa 2 dimensi dan juga karya seni rupa 3 dimensi.

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang menggunakan media yang dapat dilihat oleh indra penglihatan dan dapat dirasakan oleh indra peraba. Masudnya apa? Masudnya adalah bahwa seni rupa memiliki ciri-ciri yang bisa dilihat serta diraba.

Dilihat dari bentuknya, seni rupa memanglah dibagi menjadi dua jenis, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Pada artikel kali ini, kami hanya membahas tentang seni rupa 2 dimensi dan juga nantinya kami akan membahas tentang bahan dan media untuk karya seni rupa 2 dimensi.

Daftar Isi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni yang hanya mempunyai dua sisi, yaitu sisi lebar dan panjang atau bisa di artikan hanya mempunyai bidang luas. Jadi kita hanya dapat melihatnya melalui satu arah saja. Seni rupa 2 dimensi ini tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai ketinggian atau ketebalan. Sedangkan untuk jenis karya seni rupa 3 dimensi tidak hanya terdiri dari panjang dan lebar saja, akan tetapi juga memiliki memiliki ruang atau volume dan juga karya seni rupa 3 dimensi bisa dilihat dari berbagai macam segala arah.

Bahan dan Media Untuk Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Dalam pembuatan karya seni rupa 2 dimensi perlunya untuk mengetahui mengenai tentang bahan dan medianya, lantas apa saja bahan dan media untuk membuat karya seni rupa 2 dimensi? Berikut penjelasannya.

Bahan adalah zat yang digunakan untuk melukis, sedangkan Media adalah tempat untuk dapat menangkan pemikiran imajinasi untuk dapat melukis, yang terdiri dari bahan dan media dalam karya seni rupa 2 dimensi adalah sebagia berikut ini:

Baca Juga :   Pengertian Teknik Plakat

1. Pensil

Pensi dibuat dengan campuran grafitda tanah liat.

2. Konte

Konte memiliki tekstur yang halus dan mempunyai warna yang sangat hitam.

3. Pensil warna

Pensi warna terdiri dari bermacam-macam warna yang bertekstur lembut.

4. Krayon

Kryaon terbuat dari unsur lilin dan kapur.

5. Pena

Pena adalah suatu alat yang digunakan untuk menulis ataupun melukis yang berisi tinta yang biasanya berwarna, hitam, biru, dan merah.

6. Cat cair

Cat cari adalah suatu bahan untuk dapat melukis di atas kertas, bersifat transparan dan mudah larut.

7. Cat minyak

Cat minyak adalah cat yang terdiri dari partikel-partikel pigmen warna yang diikat dengan minyak linen bisa juga diikat dengan minyak papaver, membutuhkan waktu yang lama (beberapa hari) untuk dapat mengering.

8. Kanvas

Kanvas adalah kain yang berlapis cat dicampur dengan lem.

9. Kuas

Kuas berfungsi untuk menggoreskan cat pada media gambar.

10. Palet

Palet merupakan tatakan atau wadah yang dapat digunakan untuk menaruh dan mencampur warna-warna cat.

11. Komputer

Komputer didalam karya seni rupa berfungsi untuk teknik-teknik tertentu seperti untuk dapat membat gambar-gambar digital.

Baca Juga :   Perbedaan Flora, Fauna dan Alam Benda

12. Kertas

Kertas adalah Media untuk dapat melukis, kertas yang digunakan untuk media melukis biasanya kertas manila, concorde, kopenhagen, buffalo, samson, import, duplex dan lain sebagainya.

Warna-Warna Dalam Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Sekedar informasi tambahan, perlu Anda ketahui bahwa karya seni rupa 2 dimensi juga dibentuk oleh unsur-unsur pewarnaan. Lalu apa sajakah unsur-unsur pewarnaan dalam karya seni rupa 2 dimensi itu, berikut ini penjelasannya :

1. Warna primer

Warna primer adalah warna yang utama (pokok) yang terdiri dari warna merah, biru, dan kuning.

2. Warna sekunder

Warna sekunder adalah campuran dari dua warna primer.

3. Warna tersier

Warna tersier adalah campuran dari dua warna sekunder.

4. Warna analogus

Warna analogus letaknya berampingan dalam lingkaran warna.

5. Warna komplementer

Warna komplementer adalah warna kontras artinya bahwa adanya perbedaan warna yang mencolok.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai Bahan dan Media Beserta Unsur-Unsur Warna dalam Karya Seni Rupa 2 Dimensi, semoga artikel dari kami dapat menambah wawasan serta pengetahuan mengenai karya seni rupa 2 dimensi dan menjadikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *