, , ,

Bagian Handphone Android Yang Mudah Rusak dan Cara Merawatnya

oleh -
handphone android yang gampang rusak dan cara merawat handphone android yang rusak
handphone android yang gampang rusak dan cara merawat handphone android yang rusak

Biasanya seorang tukang service handphone android sering mendapat keluhan berupa layar sentuh yang sering eror, namun terkadang mereka juga menemukan lebih dari satu komponen rusak setelah memeriksa handphone android tersebut.

Bagian-bagian tersebut bisa rusak karena penggunaan handphone android yang tidak tepat, selain karena faktor kelalaian lainnya. Biasanya, kerusakan tersebut dapat ditemukan pada tombol menu, tombol volume, tombol kembali dan beberapa bagian lainnya. Berikut ini adalah beberapa komponen handphone android yang paling mudah rusak.

handphone android yang gampang rusak dan cara merawat handphone android yang rusak
bagian handphone android yang mudah rusak dan cara merawatnya. pict by pixabay

Layar handphone

Hampir semua dari handphone terbaru menggunakan full layar sentuh tanpa adanya tombol fisik, berbeda dengan handpohne android dulu, kalau dulu biasanya ada tombol di bagian bawah layar. Hal ini membuat layar memiliki peran penting dalam menggunakan handphone android. Layar handphone terbuat dari kaca yang dapat pecah dan kurang responsif jika terbentur benda keras, jatuh ataupun sering bergesekan dengan benda keras, misalnya saja sering diletakkan di dalam kantong celana dengan kedaan ketat sehingga layar secara tidak langsung bergesekan dengan material celana dan bisa jadi ketumpahan air.

Baca Juga :   6 Tips Pendidikan Mengenalkan Handphone Pada Anak Anda

Cara Merawat Layar Handphone android

Gunakan Tempered Glass

Fungsi dari menggunakan tempered glass adalah untuk dapat melindungi permukaan layar handphone android kamu dari debu dan kemungkinan tergores yang bisa membuat layar tidak responsif. Meski handphone android Kamu sudah diengkapi dengan protection, misalnya Gorilla Glass, memasang pengaman tambahan berupa tempered glass juga tidak ada salahnya bukan!

Gunakan Flip Cover

Jika Kamu menganggap protection yang diberikan dari pembuat handphone android Kamu sudah dirasa cukup Oke, ada baiknya Kamu menggunakan flip cover untuk handphone android demi melindungi layar dari kemungkinan terkena benda tumpul, terbentur dan sebagainya

Menyalinkode AMP

Port charger (port usb)

Port charger atau port usb adalah saluran pengisi daya yang tertanam pada bagian bawah atau bagian samping, sehingga kerusakan pada bagian ini akan sangat merepotkan. Jika bagian inj rusak, pengisian daya baterai tidak akan maksimal, bahkan tidak terisi sama sekali. Penyebabnya juga bermacam-macam, mulai dari penempatan dan pencabutan kabel charger yang kasar, pengisian daya berlebih, sering terjatuh, hingga korsleting karena port charger yang basah.

Baca Juga :   Komponen Penting Pada Smartphone Yang Perlu Diketahui

Cara Merawat Colokan Charger

  • Jangan memasukkan kabel charger dengan cara dipaksa
  • Jangan Gunakan Kabel Charger yang Tidak Sesuai
  • Jauhkan HP Dari Benda Cair

Karena jika ada air yang masuk ke colokan charger ini bisa mengakibatkan karat dan merusak handphone android secara keseluruhan. Terkecuali jika handphone android Kamu sudah memiliki sertifikat tahan debu dan juga air

Tombol volume, Tombol Home

Penyebab utama dari rusaknya tombol volume kurang lebih sama dengan tombol utama, yaitu sering ditekan dengan keras atau sering mengalami benturan. Untuk mencegahnya, tempatkan handphone android di tempat yang aman. Selain itu, gunakan layar sentuh untuk meningkatkan dan menurunkan volume setelah indikator muncul pada layar handphone android.

Tombol utama atau tombol home adalah salah satu bagian handphone android yang sering rusak, hali ini disebabkan karena tombol home sering ditekan terlalu keras. Selain membuatnya kurang berfungsi, tombol home ini juga bisa lepas jika sering ditekan dengan keras. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berhati-hati.

Cara Merawat Tombol Home, Power dan Volume

Jangan Terlalu Kuat Menekan

Setiap produsen handphone android telah membuat tombol-tombol fisik tersebut responsif terhadap tekanan, jadi biasa saja dalam mengunakan tombol-tombol tersebut agar tak sampai rusak sebelum waktunya.

Baca Juga :   5 Spesifikasi Hp Yang Harus Anda Tahu

Gunakan Jelly Case

Untuk melindungi bodi handphone android secara keseluruhan gunakan Jelly Case, termasuk tombol fisik seperti tombol Power dan Volume. Apalagi bagi Kamu yang sering meletakkan handphone android di kantong celana atau tas. Case ini berfungsi untuk meminimalisir gesekan tombol dengan benda tumpul dalam waktu yang lama agar tetap sensitif ketika digunakan

Speaker

Speaker pada handphone android bisa mengalami kerusakan akibat si pengguna terlalu sering memutar lagu dengan volume yang terlalu tinggi, terkena air, atau karena adanya benturan.

Cara merawat Speaker Handphone Android

  • Jangan suka mengfull kan volume speaker
  • Sering dicek dengan aplikasi pengecek speaker

Baterai

Selain komponen luar, komponen dalam seperti baterai juga merupakan salah satu komponen yang paling sering rusak. Rusaknya baterai biasanya disebabkan karena pengisian daya berlebih atau penggunaan handphone android ketika sedang diisi daya. Oleh karena itu, segera lepas soket pengisi daya begitu baterai terisi penuh.

Cara Merawat Baterai Handphone android

  • Selalu Gunakan Charger Asli
  • Jangan Gunakan Handphone android Saat di-Charge
  • Matikan Handphone android Saat Charging

Itulah beberapa komponen handphone android yang mudah rusak selain layar sentuh, karena itu berhati-hatilah dalam menggunakan handphone android Kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyalinkode AMP