Serba-Serbi Aplikasi Sinyal Tv Digital, Yuk Langsung Cek - Belajar Teknologi dan Investasi - DjoNews
Menu
Situs Tentang Belajar Teknologi serta Investasi Lengkap

Serba-Serbi Aplikasi Sinyal Tv Digital, Yuk Langsung Cek

  • Bagikan
Aplikasi Sinyal Tv Digital
Aplikasi Sinyal Tv Digital

Aplikasi Sinyal Tv Digital – Mulai tahun 2021 kemarin pemerintah telah melakukan perubahan secara perlahan dari tv analog ke tv digital.

Aplikasi sinyal tv digital menjadi salah satu perangkat yang memprakarsai maksud dari pemerintah tersebut..

Apa itu Tv digital? Dikutip dari wikipedia tv digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital (berbentuk bit data seperti komputer) dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Baca Juga Artikel Kode Lokasi TV Digital Indonesia: Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang TV Digital Indonesia

Sudahkah kamu tahu apa itu tentang sinyal tv digital? Sudahkah kamu menginstal aplikasinya? Sebelum menggunakannya, tentu kamu harus tahu apa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Aplikasi Sinyal Tv Digital

Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2021 pemerintah Indonesia menetapkan bahwa setiap masyarakat perlu memiliki alat Set Top Box (STB). Alat ini nantinya yang berfungsi agar kamu memperoleh saluran tv digital.

Hanya saja masih menjadi tanda tanya besar adalah mengenai kekuatan sinyal yang diberikan. Penting untuk mengetahui kekuatan sinyal ini karena supaya kamu bisa lebih mudah mendapatkan saluran tv.

Aplikasi sinyal tv digital sudah diluncurkan sejak 26 Agustus 2020 terus dikembangkan oleh developernya yaitu Bangunindo. Sampai saat ini aplikasinya baru diunduh sampai 100.000 kali dengan rating 2.8.

Baca Juga Artikel Contoh TV Analog dan Digital Yang Harus Kamu Ketahui

Layaknya aplikasi lain, ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Berikut ini beberapa kelebihan yang dihadirkannya.

1. Memiliki Tampilan Sederhana

Tidak perlu terlalu ribet untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menginstal aplikasi dan mengecek apakah sinyal di daerahmu kuat. Tampilannya yang sederhana membuat pengguna baru tidak akan merasa kebingungan.

Semua menu tersedia di halaman muka dan mudah untuk ditemukan. Selain itu di halaman utamanya akan terlihat peta seluruh wilayah Indonesia lengkap dengan kekuatan sinyal tv digital.

Ada beberapa panduan dalam bentuk warna yaitu merah artinya sinyal kuat, hijau hingga kuning artinya sedang dan abu-abu hingga biru artinya lemah.

2. Informasi Menara Transmisi

Aplikasi sinyal tv digital buatan Indonesia ini juga bisa memperlihatkan letak menara transmisi. Apabila sinyal tidak kuat, kamu bisa mengecek dimana letak menara transmisinya.

Kamu juga akan tahu berapa jauh jangkauan sinyal dari satu menara transmisi. Misalnya saja kamu tinggal berada di wilayah Surabaya dan ketika dicek zona berwarna merah dengan menara transmisi dekat dengan rumah.

3. Mengetahui Kekuatan Sinyal

Kelebihan selanjutnya adalah mengecek kekuatan sinyal yang sampai sekarang menjadi fitur paling utama sering digunakan. Fitur yang dinamakan MUX ini akan memudahkan kamu mengetahui pemancar konten di area terdekat.

Untuk menggunakannya kamu tinggal klik saja menu Fitur kemudian tampilan MUX atau pemancar konten akan muncul. Selain itu informasi kekuatan sinyal akan dipaparkan secara detail untuk memudahkanmu memilih.

4. Mengetahui Konten Siaran

Tidak lupa juga, aplikasi sinyal tv digital menyertakan fitur Konten Siaran. Melalui fitur ini kamu bisa mengenali channel apa saja yang bisa ditonton. Jadi kamu tidak perlu takut ketinggalan acara tv kesayangan.

Keempat kelebihan inilah yang dihadirkan oleh sinyal tv digital yang paling banyak dicari. Namun ada juga kekurangan pada tv digital.

Kekurangan Aplikasi Sinyal Tv Digital

1. Gangguan Akses atau Lag.

Kekurangan yang pertama adalah ketika kamu ingin mengetuk sejumlah fitur di dalam aplikasi ini maka bisa sedikit terganggu. Perlu sedikit kesabaran untuk bisa mengakses semua fitur di dalamnya satu per satu.

2. Kesulitan Akses

Kelemahan kedua adalah jika kamu berada di luar wilayah Jabodetabek maka harus bersiap-siap untuk sedikit kesulitan mengaksesnya. Beberapa wilayah mungkin saja kesulitan mendapatkan data yang lebih terperinci dan juga tepat.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah developer belum terlalu merinci akses sinyal tv digital, berkaitan dengan masih sedikitnya menara pemancar.

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Sinyal Tv Digital

Aplikasi Sinyal Tv Digital
Aplikasi Sinyal Tv Digital

Walaupun memiliki kelemahan, kamu yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan ingin menggunakan tv digital perlu memanfaatkan aplikasi ini. Dengan memilih tv digital maka hasil gambar jauh lebih jernih dibandingkan tv analog.

Baca Juga Artikel Cara Cek Sinyal TV Digital Tanpa Aplikasi Yang Harus Kamu Ketahui

Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk bisa menggunakan aplikasi sinyal tv digital ini. Mulai dari menginstal aplikasi sampai dengan cara mengecek sinyal tv digital yang paling sering digunakan.

Yuk langsung saja cek apa saja caranya.

1. Menginstal Aplikasi di Smartphone

Sinyal tv digital apk bisa digunakan untuk semua jenis smartphone baik itu iPhone atau android. Kamu harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu untuk bisa mengikuti langkah pengecekan pulsa.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau Apple Store menyesuaikan jenis smartphone. Usai menginstal kamu bisa langsung menggunakannya.

2. Memilih Lokasi Pengecekan

Sebelum cek sinyal kamu harus memastikan bahwa GPS di smartphone aktif pada menu Pengaturan Ponsel. Jika belum kamu bisa mengaktifkannya terlebih dahulu agar pelacakan bisa dilakukan lebih mudah.

Setelah kamu membuka aplikasinya akan muncul notifikasi mengenai perizinan lokasi. Pilihlah menu Izinkan Akses Lokasi sehingga aplikasinya bisa langsung mendeteksi lokasi kamu saat ini menggunakan GPS.

3. Mengecek Kekuatan Sinyal

Usai aplikasi sinyal tv digital ini mengakses lokasi kamu maka tampilannya berubah. Lokasi yang muncul akan sesuai dengan titik yang diakses oleh GPS dan terlihat peta secara detail.

Kamu bisa klik menu My Location, maka tidak lama akan muncul informasi dari peta mengenai lokasi tower transmisi dan warna zona baik itu merah, kuning-hijau sampai abu-abu atau biru.

Apabila kamu masih bingung soal zona warna ini, maka klik menu Legend maka akan terlihat keterangan dari masing-masing warna.

4. Mengecek Konten Digital

Ketika hasil menunjukan bahwa kamu berada di zona warna merah, artinya sinyal tv digital cukup kuat. Kamu yang penasaran dengan channel tv apa saja yang bisa ditonton maka bisa klik menu Content di bagian bawah layar.

Sekali klik maka akan muncul daftar channel apa saja yang bisa diakses sehingga kamu tinggal memilihnya di layar televisi. Jangan lupa sambungkan terlebih dahulu tv digital kamu dengan STB.

Pilihan Cara Cek Sinyal TV Digital Lainnya

Adakah cara cek sinyal tv digital tanpa aplikasi? Misalnya saja kamu kesulitan untuk mengunduh aplikasi ini. Bisa juga ternyata hasil yang diberikan tidak akurat karena kamu berada di luar wilayah Jabodetabek.

Tenang saja, karena ada beberapa pilihan cara mengecek sinyal tv digital lainnya sebagai berikut:

  1. Mengunjungi SItus Kominfo
    Cara cek sinyal tv digital online adalah dengan mengunjungi langsung website Kominfo. Website ini sudah sangat lengkap untuk melihat jangkauan siaran di wilayah seluruh Indonesia yang tidak tercover oleh aplikasi sinyal tv digital.
  2. Menggunakan TV Digital
    Kamu juga bisa langsung mengecek sinyal ini menggunakan tv digital yang terhubung dengan DVB-T2. Pengecekan sinyal ini tidak bisa dilakukan jika kamu masih menggunakan tv analog.

Belajar cara menggunakan aplikasi sinyal tv digital mulai dari sekarang tidak ada salahnya. Sebagai salah satu persiapan untuk beralih ke tv digital secara seluruhnya.

Karena pemerintah akan migrasi seluruh siaran tv ke tv digital dari 30 April hingga 2 November 2022. Jadi kamu akan lebih mudah untuk mengakses tv digital jika sudah belajar dari sekarang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *