fbpx

Ada Beberapa Cara Beralih ke TV Digital Tanpa Set Top Box

  • Bagikan
TV Digital .(dok:ist)

Djonews.com, TEKNOLOGI – Mulai tahun 2022 akhir Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia atau Kominfo memberikan himbauan untuk beralih ke siaran digital dengan membeli set top box untuk yang masih menggunakan tv analog.

Namun ada tiga cara untuk beralih dari tv digital tanpa set top box, berikut ini :

1. Membeli TV yang memiliki fitur DVB-T2 Untuk mengetahui televisi memiliki fitur DVB-T2 atau tidak, sebagai berikut:

Buka laman resmi kominfo di siarandigital.kominfo.go.id
Pilih menu ‘Perangkat TV Digital’ Klik ‘Pilih Kategori’
Pilih ‘Televisi’
Tulis merek dan tipe televisi Jika bisa menerima siaran TV digital, maka nama merek dan tipe televisi akan muncul Jika tidak, akan muncul keterangan
“Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat”
Beberapa merek dan tipe televisi yang memiliki fitur DVB-T2 yakni Samsung 32T4001, Polytron PLD 32TV1855, Coocaa 32D5T, LG 32LM550BPTA, TCL 32B3, Sharp Aquos LED 2T-C32DC1i, Panasonic 32H410G, Changhong 32H1, Toshiba 32L3965, dan Toshiba 32L3965.

2. Smart TV Smart TV tidak membutuhkan set top box untuk menangkap siaran TV digital. Perangkat ini dikenal sebagai Internet TV, karena mampu menyediakan program tambahan melalui konektivitas internet.

Pengguna dapat menonton film pada situs streaming melalui Smart TV. Perangkat ini juga bisa mengakses YouTube.

3. Android TV Perangkat ini disebut sebagai penerus Smart TV. Televisi jenis ini dilengkapi dengan koneksi internet dan Wi-fi. Perbedaan dengan Smart TV yakni, perangkat ini memiliki sistem operasi android seperti ponsel pintar (smartphone) dan prosesor. Ini memungkinkan televisi terhubung ke Google Play Store.

Menurut artikel lain, ada beberapa ponsel lawas atau feature phone ada juga yang memiliki fitur televisi, namun siaran yang ditangkap yakni TV analog. Alhasil, gawai ini tidak bisa digunakan saat migrasi ke TV digital dimulai. Merek ponsel yang memiliki fitur TV analog yakni Cross, Mito, CSL Blueberry, Mito, Polytron, dan Asiafone. Rerata mempunyai antena mini di bagian atas ponsel.

Baca Juga:  Dua Pelaku Diringkus

Kominfo mengimbau masyarakat untuk membeli set top box sebelum siaran TV analog disetop akhir bulan ini.

Set top box dibutuhkan untuk masyarakat yang tidak memiliki televisi yang dapat mengakses siaran TV digital. Perangkat yang dimaksud yakni TV cembung dan TV layar datar yang tak mempunyai fitur DVB-T2.

“Kami imbau masyarakat mulai mempersiapkan set top box,” kata Pelaksana tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ismail, dikutip dari Antara, Selasa (12/4). “Sudah tersedia banyak. Kami harap tidak ada kelangkaan seperti minyak goreng.”.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.