fbpx
Lifestyle

7 Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Baik

Tips mengelola keuangan rumah tangga memanglah hal yang tak bisa dibilang semudah mengelola keuangan pribadi. Karena keuangan dalam rumah tangga diperlukan untuk setiap individu dalam anggota keluarga.

Oleh karena itu, perlu mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan yang benar, agar keuangan tidak kandas sebelum gajian turun. Sebab pengelolaan yang buruk akan menjadikan banyak masalah bermunculan.

Siapapun anggota keluarga berkewajiban untuk dapat mengelola keuangan dengan baik, apa itu istri, suami bahkan anak sekalipun. Masing-masing bisa memerankan sebagai bendahara agar lebih kreatif dan berhati-hati dalam mengelola keuangan.

Tuntutan untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan rumah tangga sangatlah diperlukan disini. Jadi, mari simak cuplikan tips mengelola keuangan yang baik berikut ini:

7 Tips mengelola keuangan rumah tangga

1. Fahami alur keuangan

Baik alur masuk maupun keluar, dimulai dari pendapatan kamu dan pendapatan pasanganmu. Jumlahkan dengan benar, kemudian hitung setiap pengeluaran, misal tagihan air, listrik, belanja bulanan, dll.

Apalagi kalau kamu mempunyai cicilan, baik itu rumah, kendaraan ataupun yang lainnya. Usahakanlah untuk memasukkannya sebagai alur pengeluaran rutin.

Pastikanlah bahwa arus pengeluaran keuangan tidak lebih besar daripada pemasukan. Bila sampai kejadian ini nyata, maka keuangan rumah tangga kamu berada dalam bahaya dan harus segera diatasi secepatnya.

2. Pangkas Kebutuhan yang Tidak Mendesak

Buat catatan rutin kebutuhan bulanan rumah tangga kamu, berapa dana yang akan ditabung dan diwujudkan investasi serta rencana keuangan lainnya.

Kamu juga perlu untuk memeriksa anggaran mana yang lebih diperlukan serta anggaran mana yang dapat dipotong.

Sangat disarankan agar kamu membuat rencana keuangan yang realistis mungkin serta dapat diterima akal sehat.

Kegiatan ini juga tidak dapat dibenarkan bila sampai kamu bersikap terlalu hemat atau bahkan cenderung pelit. Seperti, anggaran jalan-jalan yang semula dua kali sebulan menjadi sekali dalam sebulan.

Pemotongan anggaran seperti ini akan membuat kamu kekurangan waktu bersenang-senang dan berkumpul bersama anggota keluarga yang lain.

Sebagai jalan alternatif, kamu bisa memilih tempat jalan-jalan yang lebih bersahabat di kantong daripada destinasi sebelumnya.

3. Bayar Semua Kewajiban, Jangan Tunda!

Bersegeralah dalam membayar setiap kewajiban sebelum keuanganmu menipis atau bahkan habis. Seperti keuangan sekolah anak, tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan pribadi, dll.

Apabila setiap kewajiban yang kamu tanggung sudah terselesaikan, maka pengelolaan keuangan dalam rumah tangga untuk operasional serta kebutuhan sehari-hari akan jauh lebih mudah.

Semua itu dikarenakan kewajiban yang tertunda atau hutang yang berkala akan menyebabkan konsekuensi yang tak bisa dibilang mudah. Seperti denda atau bahkan bunga yang membengkak.

4. Tabung dan Investasi

Pastikanlah untuk selalu menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung dan dijadikan investasi. Tabungan yang terkumpul bisa menjadi dana darurat, sedangkan investasi dapat menjadi tabungan untuk masa depan.

Akan lebih baik lagi bila jumlah uang yang kamu tabung selalu konsisten disetiap bulannya bahkan cenderung mengalami kenaikan nominal, sehingga kamu memiliki target tersendiri.

Sedang untuk investasi, kamu memiliki berbagai macam pilihan. Misal investasi emas, deposito, saham, properti, hingga kepemilikan tanah.

5. Asuransi

Tips Mengelola keuangan rumah tangga selanjutnya adalah dengan menyisihkan uang untuk membeli premi asuransi. Apalagi bila ada tanggungan berupa anak.

Dengan memiliki asuransi, maka setip bentuk resiko akan diminimalisisr dan dialihkan kepada pihak asuransi.

Dengan begitu, apapun yang dapat terjadi tidak akan mengoyak keuangan keluarga hingga mengganggunya.

6. Daftar Belanja Bulanan

Faktor terbesar dalam pengelolaan keuangan rumah tangga ialah belanja bahan pokok serta keutuhan rumah.

Oleh karena itu, pastikanlah untuk membuat daftar belanja sehingga akan memperkecil kemungkinan efek “Mata Lapar”.

Kamu juga dapat memeriksa diskon terlebih dahulu dari swalayan sehingga akan lebih menghemat uang belanja.

Dan juga, bila kamu menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, pastikanlah kartumu cocok dengan swalayan pilihanmu agar mendapatkan keuntungan ekstra seperti cashback dan yang semisalnya.

7. Kurangi Kebiasaan Penghamburan

Penghamburan seperti jajan merupakan pengeluaran yang tak terelakkan. Apalagi keluarga yang doyan ngemil serta berwisata kuliner.

Tak heran bila pengeluaran ini amat berpengaruh pada tips mengelola keuangan rumah tangga. Dan tidak ada salahnya bagi kamu dan keluarga untuk mulai mengurangi kebiasaan jajan yang berlebihan.

Bukan berarti kamu menghapus anggaran untuk hal ini, tapi cobalah untuk lebih berhemat.

Promosi kartu kredit di restoran tertentu pun juga bisa kamu gunakan selama masih dalam jangkauan anggaran keuangan keluarga.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan jajanan yang mewah dengan diskon dan cashback berlimpah.

Kesimpulan: 7 Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Dengan melaksanakan tips mengelola keuangan rumah tangga diatas, terutama dalam penulisan anggaran serta arus keuangan.

Maka kamu akan menyadari dimana letak kebocoran bila ada, dan dimana letak lubang yang bisa kamu tutup dan tidak mengganggu arus keuangan keluarg.a

Sekian dulu tips mengelola keuangan rumah tangga dari DjoNews, bagikanlah artikel berikut agar lebih banyak orang yang bisa mengambil hikmah.

Kamu punya tips lain? Masukin aja ke kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Tag: , , ,
avatar

abid

An editor at Berita Semarang Hari Ini
View Articles

Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan artikel ini

Categories