, , ,

7 Tips Belanja Online Supaya Murah dan Aman Yang Harus Kamu Lakukan

oleh -
cara supaya belanja online murah dan aman
cara supaya belanja online murah dan aman

Pada waktu saat ini Berbelanja saat ini merupakan hal yang sudah ngetred di kalangan masyarakat terutama masyarakat Indonesia, terbukti dalam suatu survey mengungkapkan bahwa Berdasarkan berbagai sumber referensi, jumlah pemakai e-commerce saat ini yang ada di Indonesia terus bertambah.

Pada tahun 2017 saja jumlah pengguna E-commerce telah mencapai 28.3 juta dan di prediksi menyentuh angka 39.3 juta pada 2020. Sebuah angka yang sangat besar yang kita jangan sampai luput dalam mengambil manfaat dari tend ini. Bahkan menurut riset global dari Bloombreg menyatakan, pada tahun 2021 lebih dari separuh penduduk Indonesia akan terlibat di aktivitas E-commerce, baik sebagai penyedia jasa market place (pasar Online) atau sebagai penjual dan pembeli serta jasa-jasa penunjang lainnya (sumber : Perkembangan Bisnis Online di Indonesia – Pebisnis Wajib Baca! ).

Kemudahan dalam bertransaksi dan pilihan produk yang beraneka warna menjadi daya tariknya. Toko-toko online bertebaran menawarkan barang dagangan dari kualitas branded sampai KW. Banyak toko  online menjual berbagai kebutuhan sehari-hari yang murah dan aman dalam bertransaksi.

Tips supaya belanja online supaya murah dan aman. Pict : Pixabay

Sayangnya, saking banyaknya produk yang bertebaran didunia maya terkadang dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mengeruk keuntungan. Banyak penipuan yang terjadi dalam penjualan online. Maka, mama perlu waspada ketika berbelanja secara online.

Baca Juga :   5 Makanan dan Minuman untuk Atasi Bad Mood

Daftar Isi

Berikut 7 tips belanja online yang murah dan aman

1. Lihat Profil Toko

Dalam memilih baju branded anda juga perlu mengamati profil toko online. Toko online yang reputasinya baik akan mencantumkan profil, alamat dan nomer yang bisa dihubungi. Bila anda sudah mengetahui alamat dan nomer yang bisa dihubungi, coba test alamat tersebut dalam pencarian google. Bila dalam hasil pencarian menunjukkan tanda-tanda yang kurang baik, misalnya ada yang mereview toko online tersebut dengan reputasi buruk, lebih baik berpindah ke toko online lain.

2. Pastikan toko online punya reputasi yang baik

Anda harus memastikan bahwa toko onlineyang menjual baju anak branded merupakan toko online yang memiliki reputasi baik. Anda perlu mengamati atau meminta testimonila pelanggan lain yang sebelumnya berbelanja di toko tersebut. Tapi, anda juga harus teliti dalam mengamati testimonial pembeli, jangan sampaai tertipu testimonoal. Bagaimana testimonial yang jujur? Biasanya penjual akan menampilkan testimonial para pelanggannya, nah dari sekian banyak testimonial yang ada, jika sebagian besar menggunakan gaya bahasa yang sama, anda perlu curiga.

Baca Juga :   Pengaruh Gadget bagi kesehatan yang Harus Anda Ketahui

3. Utamakan COD

Gunakan COD bila memungkinkan. COD merupakan singkatan dari Cash on Delivery, artinya merupakan transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli dengan cara bertemu langsung di titik pertemuan yang telah disepakati.

4. Sering-sering riset harga

Jika anda suka berbelanja online, tidak ada salahya menjelajah toko-toko online. Cermati harga yang ditawarkan. Jika ada toko yang menjual harga terlalu murah dari pasaran, anda patut curiga. Biasanya penipuan kerap mencebak calon korban dengan harga baju anak branded yang jauh dari harga pasaran. Jadi, jangan terpengaruh dengan harga yang murah ya.

5. Pastikan Jasa Pengiriman dan No. Resi

Bila tak memungkinkan COD, anda harus pastikan jasa pengiriman apa yang digunakan. Pastikan anda menerima nomer resi pengiriman agar anda dapat memantau pengiriman barang melalui website jasa pengirim, misalnya JNE, anda dapat memantaunya melalui web http://www.jne.co.id/

6. Gunakan Rekber / Pihak Ketiga

Nah, agar belanja tetap aman, ada baiknya mama gunakan rekber. Rekber merupakan singkatan dari rekening bersama. Dengan rekber, mama bisa berbelanja apa saja dengan menggunakan jasa orang lain sebagai penerima dana. Mama akan transfer sejumlah dana sesuai harga yang mama beli. Jika barang pesanan sudah diterima, penyedia jasa rekber baru akan mentransfer uangnya ke penjual. Aman kan?

Baca Juga :   7 Fungsi dan Manfaat Handphone Dalam Kegiatan Sehari-hari

7. Cek Nomor Rekening

Banyaknya penipuan online seringkali membuat banyak pihak resah. Ada sekelompok orang yang membuat komuniyas anti penipuan online. Berbagai aksi dilakukan untuk mencegah adanya penipuan online, salah satunya dengan mengumpulkan aduan penipuan online.

Aduan tersebut sangat berguna untuk memberikan informasi kepada calon pembeli agar berhati-hati dengan penjual online yang sudah masuk daftar hitam. Nah, sebelum mama berbelanja, ada baiknya cek nomor rekening penjual terlebih dahulu, apakah nomornya sudah masuk daftar hitam. Salah satu caranya dengan cek nomor rekening penjual di situs ini: https://www.kredibel.co.id/.

Selain itu, sekarang banyak sekali aplikasi toko online yang menjadi tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli. Misalnya tokopedia, shoope.co.id, bukalapak, blili.com dll. Jika mama berbelanja di toko online tersebut, mama akan diminta transfer ke nomor rekening perusahaan. Jika barang sudah sampai, uang baru akan dikirim ke penjual. Jangan transfer ke rekening pembeli langsung agar terhindar dari penipuan.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang  Tips Belanja Online dengan Murah dan Aman yang dapat Anda lakukan. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian. Selamat berbelanja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *