,

7+ Teknik Dalam Menggambar Bentuk

oleh -
Teknik Menggambar Bentuk
Teknik Menggambar Bentuk

Teknik Dalam Menggambar Bentuk – Gambar bentuk adalah gagasan bentuk yang diimplementasikan diatas bidang gambar melalui kemahiran tangan dalam menggambar (Skill) dengan menggunakan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang dibuat dengan memperhatikan ketepatan bentuk dan perspektif, proporsi serta komposisi sehingga menghasilkan karya yang indah.

Pengertian Menggambar

Menggambar adalah suatu teknik yang tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata, akan tetapi juga mental. Aktivitas yang berkaitan dalam hal fisik disini maksudnya berhubungan dengan mempunyai keterampilan dalam menggunakan peralatan menggambar (skill), sedangkan mental berkaitan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga :   Pengertian Aliran Seni Lukis Naturalisme

Manusia untuk dapat melakukan aktivitas menggambar memerlukan media yang tepat, alat serta bahan yangmana tentu saja berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Manusia dengan menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi yang meraka rasakan. Jadi, menggambar merupakan salah satu sarana untuk dapat mengekspresikan yang dirasakan.

Dalam Kamus besar bahasa indonesia arti dari menggambar adalah membuat gambar; melukis.

Pengertian Teknik Menggambar

Pengertian teknik menggambar itu sendiri adalah cara yang memudahkan kita untuk membuat sebuah gambar, Berikut ini akan kami jelaskan mengenai teknik dalam menggambar bentuk yang terbagi menjadi 7 teknik, yaitu sebagai berikut ini:

Teknik Dalam Menggambar Bentuk

1. Teknik Gambar Linear

Teknik Gambar Linear

Teknik linear adalah suatu teknik menggambar untuk dapat menggambarkan objek gambar dengan menggunakan garis sebagai suatu unsur yang sangat menentukan, baik itu menggunakan garis lurus maupun garis lengkung.

2. Teknik Gambar Blok (Siluet)

Teknik gambar Blok (Siluet)

Teknik blok adalah suatu teknik menggambar dengan cara menutup pada bagian objek gambar dengan menggunakan satu warna, sehingga nantinya hanya terlihat bentuk globalnya (siluet) atau juga bisa akan menimbulkan kesan blok.

Baca Juga :   Pengertian Aliran Seni Lukis Romantisme

3. Teknik Gambar Arsir

Teknik Gambar Arsir

Teknik arsir adalah teknik menggambar dengan menggunakan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang objek suatu gambar sehingga terlihat seperti tiga dimensi atau bisa juga Teknik asir yang dibuat dengan cara menggores-goreskan pensil, tinta, spidol, atau alat-alat yang lainnya kemudian hasilnya nanti berupa garis-garis berulang yangmana akan membuat kesan gelap-terang, gradasi, atau kesan dimensi.

4. Teknik Gambar Dusel (Gosok)

Teknik Gambar Dusel (Gosok)

Teknik dusel adalah teknik menggambar yang penentuan dari gelap terang suatu objek gambar dengan menggunakan pensil gambar yang digoreskan (digosokan) dalam posisi miring (rebah) Teknik ini bisa juga teknik dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis. Alat-alat yang dapat digunakan antara lain yaitu pensil, krayon, dan konte.

Baca Juga :   Perbedaan Teknik Aquarel Dan Plakat

5. Teknik Gambar Pointilis

Teknik Gambar Pointilis

Teknik pointilis adalah cara atau teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan titik-titik hingga membentuk suatu objek teknik ini bisa juga cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pensil atau pena gambar dengan dititik-titikkan.

6. Teknik Gambar Aquarel

Teknik Gambar Aquarel

Teknik aquarel adalah teknik menggambar dengan cara menggunakan cat air dengan sapuan warna yang memanglah tipis, sehingga nanti hasilnya terlihat seperti transparan atau tembus pandang atau bisa juga Teknik aquarel bisa menggunakan bahan dengan campuran air di kertas, kain, atau bidang yang lain. Jika menggambar menggunakan bidang gambar berupa kertas, maka dapat menggunakan cat air, cat poster, atau tinta bak.

7. Teknik Gambar Plakat

Teknik Gambar Plakat

Teknik plakat adalah teknik menggambar dengan cara menggunakan bahan cat poster atau cat air dengan sapuan warna yang memanglah tebal sehingga nanti hasilnya terlihat pekat dan menutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *