,

7 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

oleh -

Buah nangka tidak hanya memiliki rasa yang manis serta aroma unik saja, namun masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dibalik buah nangka untuk kesehatan.

Sebagai buah yang digemari, buah nangka memiliki manfaat karena nutrisi yang dikandungnya untuk kesehatan seperti serat, karbohidrat yang kompleks, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C hingga mineral.

Ketika ingin mengonsumsinya pun, kamu tak perlu bingung karena buah nangka dapat dikonsumsi secara langsung.

Bahkan buah nangka pun dapat dicampurkan dalam olahan kolak, jus, es teler, es buah bahkan salad buah.

Jika ingin mengetahu lebih banyak mengenai manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh usai mengonsumsi buah nangka, kali ini Djonews.com telah merangkumnya.

Semoga pengetahuan baru ini bermanfaat!

1. Mengurangi Risiko Kanker karena Antioksidan

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan paling mematikan di dunia, sehingga banyak orang berusaha mengantisipasi munculnya sel kanker di dalam tubuh.

Dei terhindar dari kanker yang begitu membahayakan, maka buah nangka bisa dikonsumsi sebagai salah satu bentuk pencegahan serta menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Perlu diketahui kandungan phyto-nutrisi dan vitamin C di dalam buah nangka dapat berguna sebagai anti-penuaan dan anti-kanker, sehingga nutrisi yang diserap oleh tubuh dapat membantu dalam menjauhkan diri dari bahaya kanker serta memperlambat terjadinya degenerasi sel.

Baca Juga :   6 Gerakan untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Antioksidan di dalam nangka pun dapat menangkal efek negatif radikal bebas semua sel di dalam tubuh.

Tak hanya itu, antioksidan juga berperan dalam mengatasi kerusakan sel akibat radikal bebas agar tak menimbulkan beragam penyakit kronis termasuk kanker.

Selain mengonsumsi nangka, sebaiknya tetap menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya.

2. Zat Besi yang Mencegah Anemia

Buah nangka tak hanya dikenal sebagai saah satu makanan bernutrisi yang mengandung banyak antioksidan untuk mengurangi risiko kanker saja, namun buah ini juga dapat mencegah terjadinya anemia.

Dalam mencegah anemia, buah nangka tak perlu diragukan lagi karena kandungan zat besi nya.

Jika dikonsumsi secara tepat serta diolah dengan berbagai komponen, buah nangka yang dicerna oleh tubuh juga dapat embantu dalam meningkatkan sirkulasi darah.

Kesehatan pun terjaga saat mengonsumsi buah nangka.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang memang perlu diperhatikan dan tak boleh dianggap remeh, karena ini dapat membantu kinerja tubuh selama menjalani berbagai aktivitas.

Saat dikonsumsi perlu diketahui bahwa buah nangka megandung magnesium, sehingga dapat membuat tulang menjadi lebih kuat serta terhindar dari gangguan osteoporosis.

Baca Juga :   Satpam Bank dan Tunarungu

Selain dapat menjaga kesehatan tulang, buah nangka juga mampu memberikan sumber energi di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan kandungan gula pada buah nangka termasuk alami seperti sukrosa dan froktosa, sehingga memberikan energi lebih untuk tubuh.

Saat mengonsumsi buah nangka, kamu pun tak perlu takut karena buah ini aman dan tidak mengandung kolesterol atau bahkan lemak jenuh.

4. Mencegah Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Memiliki sistem pencernaan yang lancar tentu menjadi salah satu keinginan banyak orang karena menyangkut kesehatan.

Buah nangka bisa menjadi salah satu alternatif untuk dikonsumsi sebelum terjadi masalah pencernaan, termasuk sembelit.

Permasalahan pencernaan dapat diatasi bahkan memeprlancar gerakan ususu akrena buah nangka memiliki sumber serat yang baik serta mengandung karbohidrat kompleks, sehingga berfungsi sebagai prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan kuman baik tepat di saluran pencernaan.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata dan Kulit

Manfaat lain yang mungkin jarang sekali diketahui oleh banyak orang yakni mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit.

Hal ini dikarenakan buah nangka memiliki sumber energi dan kandungan vitamin A, sehingga secara tidak langsung dapat memelihara kelembutan kulit serta menyehatkan mata.

Dengan membantuk mata menjadi lebih sehat, maka buah nangka yang dikonsumsi dapat mencegah berbagai gangguan mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam buah nangka mampu mencegah terjadinya kerusakan kulit ketika terpapar langsung oleh matahari selama beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga :   5 Bumbu Dapur Yang Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

Dengan hadirnya vitamin C di dalam buah nangka, maka kinerja tubuh akan menghasilkan kolagen yang dapat membantu kulit tetap kencang serta terhindar dari penuaan dini.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh terjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demi memperkuat sistem kekebalan tubuh, maka buah nangka bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi.

Saat diolah dengan tepat, maka nutrisi antioksidan dapat meningkatkan imun tubuh.

Ini secara tidak langsung dapat membantu tubuh terlindungi dari infeksi virus maupun bakteri.

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Buah nangka dapat diolah dengan berbagai cara untuk menciptakan sebuah cita rasa makanan tertentu.

Jika kamu perhatikan ketika mengonsumsi buah nangka sebagai cemilan, maka tubuh akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan mengonsumsi buah lain.

Hal ini dikarenakan buah nangka memiliki kandungan tinggi akan serat serta protein, bahkan kandungan kalori dalam buah nangka terbilang rendah.

Bila sedang mencari buah yang cukup ideal dalam menjaga berat badan, maka buah nangka bisa menjadi salah satu pilihan.

Nah, itulah 7 manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh bila mengonsumsi buah nangka. Dengan berbagai informasi di atas, semoga keluarga kamu sehat selalu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *