fbpx
Lifestyle

7+ Cara Hemat Kuota Internet

Cara hemat kuota memanglah sebuah pemecah masalah, apalagi bagi mereka yang kuota dan paket datanya selalu habis tiap bulan bahkan habis sebelum waktunya habis.

Banyak faktor dan kebiasaan yang dapat menyebabkan boros kuota mudah terjadi. Untuk mencegah hal ini terjadi kamu bisa menyimak cara hemat kuota paket data internet yang sudah DjoNews rangkum ini.

Namun sebelumnya, kamu kudu ngerti nih. Internet di masa ini sangatlah memberikan pengaruh penting bagi kehidupan manusia, penyebabnya adalah karena hal-hal yang ada saat ini umumnya terkoneksi dan atau membutuhkan adanya internet.

Sejalan dengan meningkatnya kecanggihan teknologi, masalah baru pun kerap menjadi momok yang membingungkan. Seperti penggunaan kuota paket data internet yang berlebih, cara hemat kuota paket data internet agar tidak cepat habis.

Mungkin kamu pernah menghadapi situasi seperti di atas, bahkan mungkin baru saja isi kuota paket data internet hanya dalam beberapa waktu muncul pemberitahuan bahwa kuota internet sudah habis.

Untuk itu, Tim DjoNews sudah melakukan sedikit riset yang akan membantu kamu dalam melaksanakan cara hemat kuota paket data internet di smartphone

Cara Hemat Kuota Mudah

1. Update System dengan WiFi

cara hemat kuota update system dengan wifi

Cara hemat kuota yang pertama adalah dengan melakukan update system melalui jaringan WiFi.

Dalam prosesnya, pembaruan System biasanya memakan banyak kuota dan tak sedikit dari penyedia smartphone yang memberikan update System juga.

Jadi, mulai saat ini kamu bisa lebih menghemat kuota dengan mengaktifkan fitur update hanya melalui WiFi saja. Baik itu sistem operasinya maupun aplikasi pihak ketiga lainnya.

2. Atur Limit Kuota Data

cara hemat kuota limit kuota data

Perlu kamu ketahui bahwa smartphone yang saat ini tengah kita pakai dapat menganalisa berapa jumlah kuota paket data internet yang sudah digunakan.

Maka cara hemat kuota selanjutnya adalah dengan memberikan jumlah batasan data transfer melalui:

  • Masuk ke Menu Pengaturan
  • Pilih Koneksi / Jaringan
  • Masuk ke Penggunaan data
  • Atur seberapa besar data yang akan kamu gunakan

3. Cerdas memilih Browser Search Engine

cara hemat kuota memilih browser
Icon of a web browser

Aplikasi browser seperti Chrome, Opera dan beberapa lainnya memiliki pengaturan “Data Saver” yang dapat kamu gunakan untuk membantu dalam menghemat kuota.

Opera misal, aplikasi yang satu ini dapat mengatur kualitas foto yang akan kamu unduh selama proses menjelajahi internet sehingga kamu akan lebih hemat kuota.

4. Matikan Kuota Paket Data Internet

cara hemat kuota matikan kuota paket data internet

Cara hemat kuota yang satu ini terdengar sepele, bukan?

Namun pada kenyataanya, trik ini tak kalah ampuhnya dengan cara lain dalam menghemat kuota paket data internet kamu.

Kamu hanya perlu untuk mematikan paket data internet ketika akan tidur dan juga saat sedang tidak dibutuhkan, cara ini efektif dalam menghemat kuota yang tengah kamu lakukan.

Tanpa disadari ternyata ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan dan bahkan menggunakan kuota data internet yang kamu miliki.

Disisi lain, ternyata dengan mematikan paket data internet kamu dapat lebih menghemat baterai smartphone dan usia waktu kehidupannya.

5. Hindari Aplikasi Rakus

cara hemat kuota hindari aplikasi rakus

Instagram, Facebook dan Twitter, 3 aplikasi besar yang menyelamatkanmu dari rasa bosan yang berat.

Akan tetapi mereka pulalah yang juga disebut aplikasi rakus karena memakan kuota yang banyak disaat kamu gunakan. Seperti saat kamu menggunakan atau melihat-llihat InstaStory misalkan.

Jadi akan lebih membantu cara hemat kuota dengan menghindari untuk terlalu sering menggunakannya, baik menonton video maupun file GIF yang ada.

6. Gunakan Aplikasi Alternatif

cara hemat kuota gunakan aplikasi alternatif

Aplikasi alternatif disini adalah aplikasi dengan pengembang yang sama namun menyajikan konten dalam versi yang lebih ringan.

Facebook Lite, Messenger Lite, TweetCaster dan yang lainnya. Aplikasi-aplikasi ini mampu mengurangi penggunaan kuota sekaligus juga dapat lebih menghemat daya baterai.

7. Unduh Maps

cara hemat kuota unduh maps

Ternyata Google Maps selaku aplikasi maps terkemuka juga menyediakan fitur yang membantu dalam cara hemat kuota agar tidak cepat habis.

Kamu bisa mengunduh lokasi atau tujuan yang ingin kamu kunjungi, dengan begitu kamu akan lebih berhemat kuota dan tidak kesusahan bila kehilangan sinyal di jalan.

Matikanlah aplikasi bila sudah tidak digunakan, dan juga usahakanlah untuk tersambung ke WiFi saat ada update data Maps.

8. Subscribe Aplikasi support Offline

cara hemat kuota  subscribe aplikasi offline

Para pengembang aplikasi baru-baru ini mulai mengizinkan para penggunanya untuk menggunakan aplikasi tanpa harus menggunakan jaringan internet.

Spotify misal, kamu bisa menggunakan spotify Premium untuk mengunduh file musik atau podcast yang sudah disediakan.

Aplikasi Netflix pun tak kalah halnya dengan Spotify, hanya saja Netflix menyediakan file film/ serial drama.

Dengan cara hemat kuota ini kamu bisa menikmati konten yang ada secara legal dan tentunya tidak terganggu koneksi karena kamu sudah mengunduhnya dan dapat memutarnya berulang kali.

9. Sebisa mungkin Menggunakan WiFi

Cara hemat kuota lainnya adalah dengan menggunakan WiFi, cara ini sangat jitu dalam menghemat kuota!

Bila memang memungkinkan matikan paket data internet kamu dan sambungkanlah smartphone ke jaringan WiFi.

Berhati-hatilah bila menggunakan fasilitas umum, begitu pula dengan WiFi yang ada ditempat umum dan memang disediakan untuk umum, hindarilah juga bertransaksi melalui jaringan WiFi.

Saran ini akan membantuk kamu dalam memperkecil kemungkinan fraud cyber crime.

Penutup: 7+ Cara Hemat Kuota Internet

Jadi, kamu perlu memikirkan matang-matang dari mana dan ke mana saja alur data kuota yang akan terjadi dari smartphone kamu.

Dengan mengetahui alur data kuota internet yang terjadi, kamu pun bisa menanggulangi pembengkakan penggunaan kuota.

Sehingga cara hemat kuota yang sudah kamu baca akan benar-benar berdampak baik bagi konsumsi kuota internet kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan juga orang-orang kamu sayangi!

Tag: , , , ,
avatar

abid

An editor at Berita Semarang Hari Ini
View Articles

Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan artikel ini

Categories