, , , ,

7 Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Kecanduan Handphone Pada Anak

oleh -

Perkembangan gadget membuat sekat-sekat dunia global tidak terbatas sehingga memungkinkan Anda bisa berkomunikasi dengan seseorang di berbagai belahan bumi. Hal ini adalah sisi positif yang bisa di ambil dari penggunaan gadget. Namun, apakah Anda tahu ada apa gerangan yang terjadi jika Anda memanfaatkan gadget secara terus-menerus? Nah, penggunaan gadget secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dan kondisi psikis seseorang.

Perkembangan handphone yang semakin marak dengan dibanderol harga murah memungkinkan semua kalangan baik kelas atas hingga bawah memiliki handphone dengan harga yang bervariasi. Tentu, ini baik karena dapat meningkatkan efisiensi dalam bekerja. Namun, perlu Anda ketahui jika penggunaannya hingga mencapai kecanduan tingkat tinggi, terdapat beberapa penyakit yang mulai menghantui Anda.

bahaya anak kecanduan handphone
Anak-Anak Bermain Gadget

Handphone memanglah menjadi salah satu alat yang sangat membantu dan memudahkan pekerjaan sehari-hari kita. Banyak aktivitas yang dapat dikerjakan dengan hanya melalui handphone, mulai dari membaca buku/novel/komik atau lain-sebagainya, menonton film, browsing, melakukan transaksi keuangan, memesan ojek, memesan makanan, bermain game, dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan hanya dengan handphone. Oleh Karena itu, hampir sebagian orang tidak dapat menjalani kegiatannya satu haripun tanpa ada handphone di dekatnya.

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, maka handphone pada saat ini pun sudah banyak berkembang menjadi semakin canggih bahkan dengan harga yang murah. Anda dapat mengerjakan aktivitas banyak hal dengan hanya menggunakan satu alat elektronik yang kecil ini. Oleh karena itu, hampir semua orang, terutama anak-anak selalu membawa handphone dimanapun dan kemanapun mereka akan pergi. Coba anda perhatikan, apakah anak anda termasuk salah satu anak zaman sekarang yang kecanduan handphone? Maka Hati-hati, ini dampaknya bagi kesehatan.

Baca Juga :   Bekali Konsumen Dengan Asuransi

Daftar Isi

Beberapa Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Kecanduan Handphone Yang di Alami Anak

1. Gangguan Mata

Perlu anda mengerti bahwa Mata yang terlalu sering digunakan untuk menatap layar handphone akan menjadi kering dan timbul rasa panas di mata. Jika kecanduan handphone ini selalu dibiarkan begitu saja terlalu lama, maka mata bisa cepat lelah, mata akan merasakan kondisi tidak nyaman, berwarna merah, dan akan terjadi timbul gangguan penglihatan pada mata, seperti penglihatan mata menjadi kabur, menjadikan minus mata bertambah, dan lain-lain.

Menyalinkode AMP

2. Insomnia

Penggunaan gadget sebelum tidur membuat Anda susah tidur. Hal ini berkaitan dengan tekanan terhadap hormon melatonin dalam tubuh yang memiliki fungsi membantu proses saat Anda terlelap. Aktivitas menggunakan gadget sebelum tidur memungkinkan hormon ini terganggu karena cahaya mobile membuat Anda berada di mode setengah sadar sehingga membuat Anda susah untuk tidur dan masih tetap terjaga.

Baca Juga :   Tips Olahraga Buat Orang Sibuk

3. Nomofobia

Penyakit baru yang menjangkiti hampir 66 persen orang di seluruh dunia. Hal ini sangat penting untuk diketahui bahwa no mobile phone phobia dapat membuat si penderita sangat cemas apabila handphone yang dimilikinya tidak dalam genggaman. Phobia ini dapat membuat penderita mengalami cemas berlebih, berkeringat dan gemetar. oleh karena itu jangan sering-sering memfasilitasi handphone pada anak anda.

4. Mengganggu Konsentrasi Belajar

Kebiassaan bermain handphone dan tidak bisa berhenti untuk bermain dengan handphone, maka kegiatan belajar anak yang mempunyai sindrom nomofobia ini pun pasti akan terganggu, karena hampir sebagian besar waktu yang digunakan anak hanya untuk bermain handphonenya saja dan ia sulit untuk berkonsentrasi saat sedang belajar di sekolah mauun di rumah, sehingga akhirnya prestasi dia di sekolah pun akan menjadi menurun dan terganggu.

5. Tinnitus

Apakah anak Anda sering menggunakan handphone untuk telepon dalam jangka waktu yang lama? Nah, mulai sekarang Anda perlu berhati-hati karena efek buruk yang ditimbulkannya dapat menyebabkan telinga berdengung dan mulai mendengar suara-suara tertentu.

Baca Juga :   Usir Bosan Dengan Main Ikan

6. Tendinitis

Penyakit ini lebih dikenal dengan nama Blackberry thumb atau texting thumb. Nah, bagi Anda yang mulai merasakan nyeri dan mati rasa ketika melakukan “typing “. Hal ini menandakan bahwa terdapat kerusakan pada otot maupun tendon pada jari-jari tangan karena terlalu sering mengetik pada keypad. Nah, Anda perlu khawatir dan perlu berkonsultasi kepada dokter ahli apabila sudah terjangkit penyakit ini untuk pengobatan lebih lanjut.

7. Mempunyai Jiwa Sosial yang Kurang

Apakah anda Pernah mendengar ungkapan dari kata-kata ini “handphone mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat”? Ternyata memang benar, akibat dari kecanduan handphone akan menyebabkan anak hanya ingin berkomunikasi dengan orang lain hanya melalui aplikasi chatting yang ada di handphonenya saja dan tidak mau saling bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya bahkan teman-teman dekatnya. Akibatnya, hubungan sosial anak, pertemanan bahkan keluarga pun jadi merenggang dikarenakan terlalu sering bermain dengan handphonenya.

Penggunaan gadget secara berlebihan mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan maupun kondisi psikis seperti depresi. Terkadang seseorang lebih tertekan apabila dihina maupun dicaci di media sosial. Hal ini sudah mulai terjadi salah satunya adalah depresi facebook. Tentu, Anda perlu berhati-hati dan tetap menjaga jaringan sosial di dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyalinkode AMP