, , , ,

6 Tips Pendidikan Mengenalkan Handphone Pada Anak Anda

oleh -
cara mendidik anak mengenalkan handphone
cara mendidik anak mengenalkan handphone

Djonews.com – Perkembangan dunia komunikasi memungkinkan hampir semua orang memiliki piranti canggih meliputi, handphone, laptop, tablet dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk diketahui usia anak-anak kini sudah mampu merambah handphone sebagai alat hiburan maupun edukasi. Namun, perlu pendampingan serta usia yang tepat untuk si kecil karena tidak selamanya handphone memberikan pengaruh baik tanpa pendampingan.

Orang tua tentu bisa memberikan stimulan terhadap anak dengan alasan yang baik untuk meingkatkan tumbuh-kembangnya. Hal ini tentu saja perlu diketahui bahwa si anak perlu meningkatkan daya kreatifitas dan kemampuan motorik melalui Handphone. Tapi, orang tua tetap mengusahakan agar si anak dapat berkomunikasi secara sosial dan menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain.

cara mengenalkan anak pada handphone

Tak kalah pentingnya adalah perilaku orang tua itu senidri dalm menggunakan Handphone. Tak jarang orang tua juga terlalu berlebihan dalam memakai Handphonenya sehingga seringkali anak merasa terabaikan dengan adanya Handphone. Berikut tips agar hubungan sosial dalam keluarga menjadi sehat tanpa terintervensi adanya Handphone.

Hindari tampak terlalu lama atau terlalu sering gunakan Handphone di depan Anak. Walaupun zaman sekarang ini semuanya serba canggih, serba teknologi, maka hindari menggunakan handphone di depan anak terlalu sering. Pastikan anda mempunyai perhatian yang lebih terhadap anak sehingga nantinya anak tidak akan menirukan perilaku berlama-lama di depan handphone seperti orang tuanya. Alangkah baiknya anda juga hindari perilaku makan sambil mengoperasikan ponsel atau duduk di depan komputer, televisi dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu untuk membelikan handphone terlalu dini untuk anak anda. Sebenarnya tidak ada salahnya kalau anda ingin membelikan ponsel ke anak anda, akan tetapi anak belum benar-benar memerlukannya. Karena, Hal ini akan berdampak di masa depan anak, ia akan kehilangan masa kecilnya, yangmana seharusnya bermain bersama orang tua, teman dan waktu untuk belajar, tetapi itu semua malah tersita oleh sebuah handphone.

Hal yang perlu dilakukan ketika mengenalkan Handphone pada anak

1. Selalu upayakan tatap muka.

Batasi mengirim e-mail dan pesan instan kepad keluarga di rumah. Tunjukkan sentuhan pribadi melalui komunikasi tatap muka. Tidak harus menghabiskan banyak waktu,orang tua cukup membuat anak menjadi sesuatu yang berharga.

2. Tetapkan zona Handphone free

Bisa diterapkan ruangan bebas Handphone seperti di kamar dan ruang makan angan biarkan laptop, handphone, dan alat-alat teknologi lainnya mengganggu waktu kebersamaan anak dan orang tua. Perlu anda ketahui Bagaimana sebuah keluarga akan dapat saling mendekatkan diri satu dengan yang lainnya, kalau orang tuanya dan anaknya sama-sama masih disibukan dengan mengoperasikan handphone masing-masing.

3. Tidak ada Handphone di kamar

Kebiasaan orang dewasa mungkin masih memanfaatkan Handphone ketika akan tidur. Hal ini sangatlah tidak dianjurkan karena dapat memicu dampak buruk bagi kesehatan, sehingga bagi Anda yang ingin mengajarkan anak memanfaatkan handphone seoptimal mungkin. Berusaha untuk menghindarkan si buah hati dari penggunaan Handphone sangat perlu agar tidak kecanduan.

4. Tetapkan batasan waktu

Memberikan batasan waktu terhadap penggunaan handphone terhadap anak memang agak susah, apalagi sudah mulai terbiasa dengan Handphone. Tentu Anda perlu mengetahui berapa usia ideal bagi anak untuk bisa memegang Handphone. Menurut beberapa ahli menyatakan usia ideal yang dapat dijadikan pilihan adalah usia 11 tahun. Nah, mengajak anak untuk bernegosiasi sekaligus mendampinginya ketika bermain Handphone sangat penting untuk tumbuh kembangnya.

5. Jauhkan Handphone saat kegiatan bersama keluarga.

Selama acara kumpul bersama keluarga, marilah untuk membiasakan untuk jauhkan segala jenis Handphone. Bisa anda lakukan janganlah meletekan handphone di atas meja, karena segala notifikasi dari handpohne anda akan dapat mengalihkan perhatian atau bisa juga anda mematikan data bahkan mematikan daya handphone anda supaya waktu luang anda bersama kularga tidak terfokuskan dengan handpohne. Jangan membuat anak menjadi marah/sakit hati, dan nanti anak akan membalasnya dengan asyik bermain handphonenya-nya sendiri. handphone bukan prioritas utama

6. Mendampingi buah hati

Pendampingan sangat perlu dilakukan karena tumbuh kembang anak sangat memerlukan perhatian orang tua. Ketika Anda berusaha untuk mengenalkan si kecil dengan Handphone. Pilihan aplikasi permainan edukatif sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan inteligensinya.

Yang terpenting dari kesemuanya adalah kesadaran bahwa Handphone hanyalah alat bantu manusia, maka penggunaan Handphone yang bijak, baik untuk anak maupun orang tua akan menghindarkan kita semua dari perilaku negatif dari pengguanaan Handphone yang tidak bijak.

Perkembangan anak tentu mengalami proses peneladanan dari kedua orang tuanya sehingga memberikan contoh yang tepat sangat diperlukan. Tentunya, mengajarkan anak terhadap Handphone diperlukan beberapa pembelajaran dan pengajaran yang penting bagi orang tua agar si anak dapat menggunakan Handphone seoptimal mungkin.

Menyalinkode AMP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *