6 Tips Cara Mengatur Keuangan Pelajar

oleh
Cara Mengatur Keuangan Pelajar

Cara mengatur keuangan pelajar sebenarnya tidak terlalu menyulitkan. Akan sangat mudah memang bila kamu masih diberi uang saku oleh orang tua demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, bagi pelajar yang hidup mandiri atau merantau serta lepas dari keuangan orang tua, maka ia pun harus mengerti betul cara mengatur keuangan pelajar dengan baik.

Sebab bila tidak, bisa jadi kamu akan terjebak dalam berbagai macam kendala keuangan seperti membayar uang semester, membayar buku, dan yang semisalnya.

Lalu, bagaimana sih cara mengatur keuangan pelajar yang baik? Di sinilah kamu perlu memperlajari pengelolaan keuangan.

Mari simak tips cara mengatur keuangan pelajar yang baik berikut:

1. Mulai Disiplin Menabung

cara mengatur keuangan pelajar mulai disiplin menabung shutterstock

Dengan kamu memulai diri untuk berdisiplin menabung, tentu akan ada banyak manfaat yang berguna bagimu di kemudian hari nantinya.

Selalulah memprioritaskan tabungan saat kamu menerima uang saku, baik yang kamu dapatkan dari orang tua atau dari anggota keluarga lainnya.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Video Tiktok ke Galeri Dengan Mudah

Tabungan yang kamu lakukan secara rutin dan disiplin dapat kamu gunakan untuk berinvestasi kecil-kecilan, seperti membeli laptop serta printer yang menjadi barang kebutuhan dari beberapa peralatan dalam membuat tugas sekolah maupun kuliah.

2. Manfaatkan Sumber Pemasukan Lain

cara mengatur keuangan pelajar manfaatkan sumber pemasukan lain shutterstock

Memanfaatkan sumber pemasukan lain selain uang saku dari orang tua juga dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan, lho.

Kamu bisa melakukan usaha kecil-kecilan hingga mencari pekerjaan sampingan seperti freelance ataupun kerja part time.

Cobalah untuk memiliki kerja sampingan dengan jam kerja yang fleksibel, ini bertujuan agar kamu tidak menyita terlalu banyak waktu dari waktu belajar hanya untuk bekerja.

3. Belanja Sesuai Kebutuhan

cara mengatur keuangan pelajar belanja sesuai kebutuhan

Gaya hidup hedonis dan konsumtif hanya akan memaksa kamu untuk selalu berpenampian sempurna.

Kamu perlu untuk menghindarinya dengan membuat list akan berbagai macam kebutuhan yang memang benar-benar kamu perlukan untuk periode tertentu (dalam hal ini kita ambil per bulan) sesuai dengan keuangan kamu.

Dengan kamu membuat list seperti ini, maka kamu akan memiliki fokus yang jelas pada barang apa saja yang benar-benar kamu butuhkan.

Baca Juga:  Cegah COVID-19 menyebar, Lokasi Wisata Ditutup Sementara

Ingat! Prioritaskanlah Kebutuhan, bukan Keinginan.

4. Jaga Kesehatan dan Pola Makan

cara mengatur keuangan pelajar jaga kesehatan dan pola makan

Bila kamu merupakan pelajar atau mahasiswa yang in-the-kost, maka akan sangat penting bagimu untuk menjaga kesehatan dan pola makan yang teratur.

Selain tidak adanya orang lain yang dapat merawat dan mengurusmu disaat sakit, tugas serta kegiatan belajarmu pun pasti terbengkalai nantinya.

Apalagi kalau kamu sampai perlu untuk mengunjungi dokter dengan biaya yang tidak bisa dibilang murah bagi seorang pelajar.

Untuk mencegah hal yang tak diharapkan seperti itu, tentu ada baiknya bagimu untuk menjaga kesehatan degnan selalu memperhatikan pola makan dan tidak jajan secara sembarangan.

Jangan lupa pula untuk selalu rajin berolahraga, minimal seminggu tiga kali agar badanmu selalu fit dan sehat tentunya.

5. Catat Semua Pembiayaan

cara mengatur keuangan pelajar catat pembiayaan shutterstock

Setelah semua pemasukan termasuk dengan uang saku yang kamu gunakan, selalu catatlah setiap pembiayaan yang kamu keluarkan dalam jangka waktu satu bulan.

Prioritaskanlah untuk mencatat pengeluaran yang wajib untuk didahulukan, seperti membayar sewa kos, uang makan, uang transportasi, uang kuliah, uang buku, dan lain-lain.

Jangan sampai ada yang terlewat atau terlupakan, catat dengan sangat terperinci.

Baca Juga:  3+ Cara Menstabilkan Ping Koneksi Bermain Game Online di Android

6. Buat Rencana Anggaran Keuangan

cara mengatur keuangan pelajar buat rencana anggaran
Woman using calculator with doing finance at home office.

Setelah kamu memahami poin-poin dari cara mengatu keuangan pelajar di atas, hal terakhir dari tips kali ini yang perlu kamu lakukan ialah dengan membuat rencana anggaran keuangan rutin bulanan.

Atur dengan bijak agar tidak terjadi “Besar Pasak daripada Tiang”, alias terlalu besar pengeluaran daripada pemasukan.

Namun, bila ternyata pengeluaran kamu lebih besar, kamu bisa memangkas biaya pengeluaran yang tidak terlalu penting. Dan tetap selalu rutinkanlah evaluasi pengeluaran dan pemasukan setiap bulan.

Penutup: Cara Mengatur Keuangan Pelajar

cara mengatur keuangan pelajar penutup

Bisa dibilang, masih banyak pelajar dan atau mahasiswa yang menyepelekan perihal pengelolaan keuangan yang akhirnya berdampak pada situasi dimana mereka kehabisan uang saku yang tak terhindarkan.

Mulai sekarang mari berlatih untuk mengatur keuangan dengan mengikuti tips cara mengatur keuangan pelajar yang telah Tim DjoNews Rangkum, baik dari pemasukan hingga pengeluaran yang rutin kamu gunakan setiap bulan.

Semua ini kamu lakukan hanya demi kesehatan finansialmu sendiri, dan agar kamu bisa hidup dengan lebih mandiri.

Bagikanlah tips cara mengatur keuangan pelajar ini bila kamu anggap dapat bermanfaat bagi orang lain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel dan informasi kesehatan dan kecantikan lainnya dibawah ini