6 Manfaat Kencur Untuk Anak

oleh -

Tak hanya sebagai penambah nafsu makan saja, salah satu rempah yang banyak digunakan ini mulai dibuat menjadi jamu, maupun diekstrak menjadi campuran minuman maupun makanan anak.

Memang rempah yang kita tahu namanya sebagai kencur ini memiliki banyak manfaat yang berguna baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Dengan aromanya yang khas, kencur bisa dijadikan obat, sekaligus vitamin.

Lalu, apa saja manfaat kencur untuk anak, dan bagaimana cara penyajian yang tepat? Berikut Djonews.com rangkum untuk kamu

1. Meredakan Bengkak Akibat Keseleo

Beras kencur sudah dipercaya dari dahulu bisa mengobati sakit dan bengkak akiba keseleo. Beras kencurnya dibuat jamu dan diminum, sedangkan ampasnya digunakan sebagai baluran di area bengkak.

Baca Juga :   Lakukan Cara Ini Agar Anak Tidak Bersikap Rasis

Kedua ampas ini memiliki kandungan yang mampu memperlancar peredaran darah akibat penggumpalan darah di kaki bengkak. Kandungan lain di dalam beras dan kencur adalah mampu mencegah peradangan di areaa yang sedang terluka.

Selain itu, kandungan VItamin B1 dan B3 dari beras kencur ini mampu menjaga kesehatan sistem sara. Saat keseleo, tentu sistem saraf di area tersebut jadi terganggu dan beras kencur iniah yang membantu memulihkannya.

2. Menambah Nafsu Makan

Hampir semua orang tua tahu bahwa kencur memiliki kunci penting untuk membantu anak lebih nafsu makan. Kencur dibuat menjadi jamu beras kencur dan diberikan pada anak secara teratur.

Dengan sendirinya, mereka akan lebih mudah saat sesi makan. Bahkan seringnya terus meminta makan atau camilan di antara jadwal makannya.

3. Mengobati Diare

Kencur mengandung banyak zat antibakteri dan sitotosik. Inilah yang bisa membantu anak mengurangi diare mereka.

Baca Juga :   6 Dampak di Bumi Akibat Tidak Menjaga Kebersihan

Selain itu, kencur juga dipercaya bisa mengurangi gejala sakit perut lainnya.

Kamu bisa membuat perasan kencur dan diberikan pada anak dengan caampuran madu dan air hangat. Selain mengobai diare, sajian ini bisa membuat perutnya lebih hangat.

4. Sebagai Obat Batuk

Kencur juga terkenal sebagai obat batuk dan obat radang tenggorokan. Tak sedikit dari para penyanyi yang bisa dengan mudah mengunyah kencur saat ada masalah dengan tenggorokan mereka.

Untuk membuat ramuan obat batuk alami, kamu bisa memeras air parutan kencur dan mencampurkannya dengan garam. Ramuan ini mamu mengobati batuk berdahak.

Selain itu, ramuan kencur dan garam jjuga bisa membuat pernapasan lebih lega. Yang harus diperhatikan, hindari memberikan terlalu banyak kencur karena rasanya yang panas di tenggorokan.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Perasan kencur yang dijadikan jamu atau diminum bersama madu agar tidak terlalu pahit dan panas, bisa membua anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang tinggi.

Baca Juga :   5 Cara Membangun Kebiasaan Anak Makan Sehat

Kandugnan dari kencur bisa membuat tubuh anak-anak memperkuat sistem imun. Dengan mengonsumsi ramuan kencur setiap hari, anak bisa lebih kuat melawan serangan virus, bakteri, dan parasit.

6. Menghangatkan Tubuh

Kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang memiliki sifat panas. Maka ari itu, saat mengonsumsi kencur mmentah secara langsung, pedas akan terasa membara di lidah.

Minyak atsiri ini yang membuat kencur bisa jadi penghangat tubuh. Kamu bisa menumbuk kencur sampai keluar air. Air tersebut bisa dibalurkan ke perut dan punggung anak, agar mereka bisa tetap hangat meski cuaca sering hujan.

Itulah 6 Manfaat kencur untuk anak. Tertarik memberikan rempah yang satu ini untuk buah hati?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *