6 Langkah Mudah Menghasilkan Uang dari Blog

oleh -

Djonews – Kamu bisa menghasilkan uang dari mana saja, termasuk salah satunya dari blog. Blog bukan hanya menjadi tempat mudah menulis artikel, melainkan juga tempat kamu menghasilkan uang. Kamu bisa mendapatkan uang dari blog dengan berbagai cara, dari endorsement hingga Google AdSense.

Di artikel ini, selain belajar cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal, kamu juga akan belajar tenan bagaimana membangun blog. Seperti apa blog yang berkualitas? Bagaimana cara membuat blog berkualitas dan menghasilkan uang? Selengkapnya dapat kamu baca di artikel ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Pertanyaan ini tentu terlintas di kepala kamu. Menghasilkan uang dari blog adalah hal yang sangat mungkin bagi semua blogger, asal tahu langkah-langkahnya.

Bahkan kamu bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Berikut adalah 6 langkah menghasilkan uang dari blog:

  1. Buat Blog di Platform Blog Teraik
  2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik
  3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Kamu
  4. Promosikan Blog di Media Sosial
  5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog
  6. Tentukan Cara Monetisasi Blog

Di awal Kami sudah menyinggung soal blog berkualitas. Mengapa blog berkualitas ini penting dalam mendapatkan uang dari blo? Karena dengan membangun blog berkualitas kamu bisa menghasilkan uang dari blog untuk jangka waktu yang lama.

Adi yang perlu ditekankan terlebih dahulu adalah kualitas blog kamu baru kemudian kamu bisa berpikir cara meraup rupiah belakangan. Kamu tidak akan bisa menghasilkan uang dari blog yang kualitasnya rendah.

Baca Juga :   Honda Luncurkan CBR250RR Garuda x Samurai, Terbatas 75 Unit

Jadi Pastikan kualitas blog kamu adalah yang terbaik terlebih dahulu aru mendulang rupiah kemudian. Berikut adalah cara membangun blog berkualitas dan cara menghasilkan uang dari blog tersebut:

1. Buat Blog di Platorm Terbaik

Blog berkualitas berawal dari platorm blog berkualitas pula. Ada banyak platform blog yang bisa kamu pilih, dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress.

Platform blog mana yang terbaik untuk kamu?

Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika diminta untuk memilih, kami sarankan unuk memilih WordPress. Banyak alasan mengapa WordPress adaalah platform blog erbaik untuk kamu.

Pertama, kamu bisa menggunakan WordPress secara gratis. Kedua, WordPress cocok igunakan oleh siapa saja, baik pemula ataupun tingkat mahir. Ketiga, blog yang dihasilkan WordPress berkualitas tinggi. Untuk penjelasan lengkap mengenai WordPress dapat kamu baca di sini.

Intinya, WordPress sangat cocok untuk kamu jika ingin membuat blog yang berkualitas. Untuk cara membuat blog menggunakan WorPress dapat kamu baca selengkapnya di arikel cara membuat blog.

2. Buat Konten Blog Bermanfaaat dan Menarik

Setelah akmu berhasil membuat blog, kini saatnya kamu menerbitkan konten yang sudah kamu tentukan topiknya. Buatlah konten yang bermanfaat dan menarik.

Konten kamu bisa dikatakan bermanfaat ketika pembaca mendapatkan solusi melalui apa yang kamu tulis. Ingat, ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, yang mereka inginkan adalah jawaban yang bisa menyelesaikan masalah mereka.

Selain bermanfaat, konten kamu juga harus menarik. Banyak website dan blog yang membahas satu topik yang sama. Kamu harus bisa memenangkan persaingantersebut dengan membuat konten yang bermanfaat dan juga menarik.

Baca Juga :   Penertiban Pedagang Nakal Di Kota Semarang

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat konten blog jadi menarik. Pertama, ambil sudut pandang yang unik. Satu topik bisa dibahas dengan berbagai sudut pandang. Usahakan ambil sudut pandang unik yang belum digunakan blog atau website lain.

Kedua, buat judul yang kreatif. Judul adalah hal yang pertama kali dilihat pembaca. Jika judul tidak menarik, mereka tidak akan repot-repot membaca artikel kamu. Jadi pastikan judul artikel kamu kreatif dan menarik.

Ketiga, tambahkan media visual. Artikel yang berisi tulisan saja akan membosankan. Sebaiknya tambahkan gambar, foto, ilustrasi, infografik, atau video.

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Kamu

Pengunjung blog kamu berasal dari banyak sumber. Salah sau sumber terbesarnya adalah pencarian Google. Oleh karena itu, kamu harus punya kualitas SEO yang baik untuk menjaring banyak pembaca dari Google.

Konten-konten yang kamu tulis harus muncul setidaknya di halaman perama hasil pencarian Google agar lebih mudah ditemukan calon pembaca. Dengan kualitas SEO yang baik, kamu bisa mencapai hal tersebut, bahakn konten kamu bisa menduduki peringkat pertama Google.

Walaupun begitu, membangun kualitas SEO tidak dapat dilakukan dalam semalam saja. Perlu waktu lama untuk bisa membangun SEO yang berkualitas. Waktu lama bukan berarti mustahil kalau kamu bisa mengikuti panduan yang tepat.

Kamu bsia mempelajari bagaimana cara meningkatkan kualitas SEO blog dengan membaca eBook gratis i Google.

4. Promosikan Blog di Media Sosial

Seelain pencarian organik, media sosial adalah media lain yag berpotensi menjadi sumber pengunjung blog kamu. Kmu bisa menjangkau lebih banyak calon pembaca blog menggunakan media sosial.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Uang dari Internet di 2020

Ada berbagai macam media sosial yang bisa kamu manaatkan, dari instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi. Mungkin kamu bingunng, media sosial mana yang harus kamu gunakan untuk mempromosikan blog.

Tidak perlu khawatir karena kami sudah membahas topik tersebut di blog. Kamu bisa membaca panduang lengkap bagaimana menerapkan social media marketing di artikel Panduan lengkap social meia marketing 2020.

Artikel tersebut akan memandu kamu memilih platform meia sosial yang tepa, merencanakan srategi media sosial, hingga membuat konten yang menarik untuk media sosial.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

Memulai blo yang berkualitas bukan hal mudah. Dan mempertahankan kualitas tersebut adalah hal yang lebih sulit agi. Meskipun sulit, bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Kamu harus menjaga konsisensi kualitas blog untuk tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Selalu minta feedback, kritik, dan saran ari pembaca agar kamu paham apa ssaja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan di blog kamu.

Dengan begitu pembaca akan semakin setia ddengan blog kamu. Dan bukan tidak munkin mereka akan dengan sukarela membaikan blog kamu kepada teman-temannya.

6. Tentukan Cara Monetisasi Blog

Setelah membuat blog yang berkualitas, kamu sekarang bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Ingat, tanpa blog berkualitas, kamu tidak bisa mendapatkan uang dari blog! Jadi pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

Kini saatnya kamu mempelajari bagaimana menghasilkan uang dari blog yang sudah kamu buat. Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari blog. Kamu bisa plih salah satu atau beberapa cara di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *