Wajib Tahu! 6 Cara Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut

oleh -
Cara Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut

Warna tertentu yang disertai dengan sariawan yang tak kunjung sembuh bisa jadi merupakan tanda kanker ganas yang sedang bertumbuh. Meski terkadang sariawan dianggap hal yang wajar, kamu tetap perlu berhati-hati. Ada beberapa cara membedakan sariawan dan kanker mulut yang dapat kamu perhatikan.

BACA JUGA

Mengutip kasus 41.000 penyakit kanker mulut yang dijabarkan National Cancer Institute, AS. Sekitar 8000 diantaranya meerupakan korban meninggal.

Maka dari itu, mari simak ulasan DjoNews berikut tentang gejala sariawan yang menampakkan kanker mulut:

Cara Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut

Wajib Tahu! 6 Cara Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut

1. Sariawan Tidak Kunjung Sembuh

Yang perlu kamu perhatikan sejak awal ialah lamanya sariawan muncul. Umumnya, sariawan dapat berangsur sembuh diwaktu 2 hingga 4 minggu tergantung dari luka yang timbul. Sariawan yang terjadi akibat tergigit atau terkena benda tajam dapat sembuh dengan waktu yang cukup lama.

Everyday Health menerangkan, sariawan terjadi saat ulser (luka) muncul di mukosa (jaringan lunak rongga mulut). Ulser ini dapat sembuh dikisaran 7 hingga 14 hari dan dengan tanpa disertai adanya demam. Apabila lebih dari 14 hari kondisi malah makin buruk, maka langkah yang baik adalah dengan bertemu dokter agar diperiksa dan berkonsultasi.

2. Perhatikan Bentuk Sariawan

Indikasi lain selain waktu yang cukup lama ialah bentuk dari sariawan itu sendiri. Setidaknya terdapat lima indikator yang dapat kamu jadikan pedoman:

  • Apakah bentuknya oval ataukah bulat?
  • Apakah benbentuk cekung atau kawah?
  • Apakah disertai rasa sakit?
  • Apakah warna dasar luka putih kekuningan?
  • Apakah mengalami peradangan dengan luka merah dipinggirnya?

Mengutip Health Line, bercak putih dan atau adanya bercak merah di dalam rongga mulut penderita sariawan bisa jadi merupakan tanda sel abnormal yang bertumbuh cenderung menuju kanker. Bila bercak merah dan atau putih ini muncuk kebih dari 14 hari, maka segerakanlah untuk menemui dokter.

Di sisi lain, bila terdapat bercak maupun plak merah cerah yang terlihat di mulut layaknya beludru. Bisa jadi itu adalah prakanker. Dalam 75-90% kasus, bercak mirip beludru ini bersifat kanker, maka jangan sampai kamu sepelekan.

Akan berbeda kasus bila, yang muncul di dalam rongga mulut adalah bercak putih atau abu-abu, ini disebut leukoplakia atau keratosis. Bercak ini muncul akibat suatu bahan yang membuat iritasi. Selain itu, kebiasaan mengunyah di bagian dalam pipi atau terkena zat karsinogenik pun dapat pula menyebabkan bercak ini.

Tanda seperti ini menunjukkan adanya ketidak normalan jaringan dan bisa saja menjadi ganas. Pada umumnya, leukoplakia berkembang lambat selama hitungan mingguan hingga bulanan.

3. Rasa Sakit Sariawan

Yang sering terjadi, sariawan akan menimbulkan rasa sakit meski lukanya tak besar. Namun, luka sariawan yang disebabkan oleh kanker akan memiliki kondisi sebaliknya. Oleh karena itulah kamu perlu cara membedakan sariawan dan kanker mulut.

Sariawan pertanda kanker mulut terkadang tidak menimbulkan gejala sakit di awal waktu, meski ukurannya tergolong cukup besar. Rasa sakitnya akan beranjak menampakkan diri seiring dengan sariawan yang tak kunjung mereda.

4. Perhatikan Jaringan Sekitar Sariawan

Terdapat beberapa cara membedakan sariawan dan kanker mulut yang dapat kamu perhatikan di sekitar sariawan. Mengutip Medical News Today, kamu bisa meraba pada jaringan disekitar sariawan dan jika terdapat jaringan keras di sekitar luka sariawan maka bisa jadi itu merupakan kanker mulut. Kondisi ini pun juga dapat kamu praktikkan ke diri sendiri.

5. Lokasi Sariawan di Mulut

Sariawan yang menjadi pertanda adanya kanker mulut, dapat saja muncul dengan jumlah yang banyak dan berkumpul di satu area yang tak berjauhan. Apalagi sariawan ini tak kunjung sembuh.

Selain itu, sariawan biasa akan cenderung berbentuk luka di tempat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Pun begitu, sariawan pertanda kanker hanya akan tumbuh di satu lokasi saja.

6. Waspadai Gejala Kanker Mulut

Mengutip Mayo Clinic, terdapat beberapa tanda yang umum dapat kamu jadikan sebagai patokan cara membedakan sariawan dan kanker mulut. Apakah terdapat kemungkinan kanker ataukah tidak. Berikut Gejala-gejalanya:

  • Luka di sebagian bibir atau mulut yang tidak beranjak sembuh
  • Terdapat bercak putih atau merah di dalam mulut
  • Gigi longgar
  • Ada benjolan di dalam mulut
  • Nyeri mulut
  • Nyeri telinga
  • Sulit untuk menelan

Kesimpulan: Wajib Tahu! 6 Cara Membedakan Sariawan dan Kanker Mulut

Begitulah 6 poin penting yang dapat kamu jadikan pedoman dalam mewaspadai ciri sariawan sebagai awal kanker mulut atau bukan. Dari kamu membaca artikel ini, bila kamu mengalami sariawan yang tak kunjung berhenti dan mendapati luka yang hanya berada dalam satu tempat saja.

Segeralah mengkonsultasikannya ke dokter yang kamu percayai. Semoga kamu dan keluarga selalu diberi kesehatan. Semoga artikel cara membedakan sariawan dan kanker mulut ini dapat bermanfaat!

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *