, , ,

5 Tips Memakai Handphone Dengan Baik dan Bijak

oleh -
cara baik dan bijak menggunakan handphone
cara baik dan bijak menggunakan handphone

Djonews.com – Telah kita mengetahui bersama, bahwa sebenarnya perkembangan zaman akhir dengan modernisasinya telah banyak menawarkan pada kita berbagai macam bentuk alat teknologi modernisasi yang begitu canggih.

Termasuk dalam hal ini adalah handphone, perlu Anda ketahui dampak Negatif Penggunaan handphone dan juga Cara Bijak dalam menggunakan handphone atau gadget. Dalam artikel kali ini Kami akan menjelaskan cara yang bijak dalam menggunakan Handphone.

cara baik dan bijak menggunakan handphone
cara baik dan bijak menggunakan handphone

Meskipun handphone menjadi kebutuhan hidup di zaman modern, tidak semua orang bisa memanfaatkan handphone sebagaimana mestinya. Sebagian orang, terutama remaja dan anak-anak, tidak menggunakan handphone sebagai alat bantu dalam menyelesaikan tugas atau mencari informasi. Sebaliknya, mereka memanfaatkan handphone hanya sebagai media hiburan seperti video dan game.

Memanfaatkan handphone untuk bermain game atau menonton video sama sekali tidak salah, tapi jika berlebihan akan berdampak buruk pada interaksi sosial dan kacaunya manajemen waktu kita. Jika kita perhatikan, banyak anak muda yang berkumpul di suatu tempat hanya untuk bermain game online di handphone mereka. Mereka juga bisa manghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain game, seakan-akan tidak ada fungsi lain dari handphone selain untuk bermain game.

Akibatnya, kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitar perlahan mulai hilang. Mereka seperti enggan menyapa, apalagi bicara dengan orang yang berada di sebelahnya. Fenomena ini dipicu oleh penggunaan handphone yang kurang bijak dan berlebihan.

Daftar Isi

Tips Menggunakan Handphone dengan Baik dan Bijak

1. Menggunakan Dengan Positive

Kecanggihan yang terdapat dalam gadget dapat dimanfaatkan untuk mendownload atau mengunduh file atau data yang bermanfaat, seperti suara membaca Al-Qur’an dari qori’ yang memiliki suara merdu dan bertajwid sehingga bisa membantu dalam menghafal Al-Qur’an. Kapasitas penyimpanan yang relatif besar dapat digunakan untuk menyimpan hal-hal yang positif, seperti nasehat, murotal dan lain sebagainya. Kepraktisan dan hematnya biaya dalam berkomunikasi dapat digunakan untuk melancarkan kegiatan kita sehari-hari, seperti memberikan informasi tentang kabar dari saudara, bisnis online, dalam bekerja dan lain sebagainya.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, saat ini banyak situs (alamat di internet) yang dapat digunakan untuk mempermudah mendapatkan referensi materi belajarnya. Dengan beberapa referensi itu dapat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas belejarnya dan bahkan biayanya jau lebih murah djika di bandingkan dengan membeli buku, dan juga dapat mencari informasi terkait banyaknya tawaran beasiswa di bebrapa perguruan tinggi, baik di dalam atau di luar negeri. Demikian pula jika kita dapat memanfaatkan berbagai informasi tentang peluang dan kiat menjadi pengusaha yang sukses, maka akan sangat membantu dalam usaha kita.

Dengan selalu fokus terhadap informasi positif yang hendak kita cari di dunia maya saat ini menggunakan gadget, akan membantu kita dalam memanfaatkan gadget. Terkadang tayangan-tayangan yang mengarah pada pornografi sengaja disisipkan dalam bentuk iklan, maka kita harus selalu berupaya mengabaikan bentuk informasi atau tayangan negatif yang muncul secara tiba-tiba tersebut. Dengan selalu berupaya menjaga kedua mata kita dari hal-hal yang diharamkan untuk dilihat maka kita akan diselamatkan Allah dari ancaman api neraka

Baca Juga :   Komponen Penting Pada Smartphone Yang Perlu Diketahui

2. Membuat batasan waktu pengguaan gadget.

Seorang yang sudah berkeluarga mempunyai tanggung jawab yang besar pada keluarganya. Suami sebagai kepala keluarga mempunyai tanggung jawab mecarikan nafkah, meramut, mengarahkan pada istri dan anak-anaknya. Laki-laki yang sudah berkeluarga haruslah menyadari bahwa kondisinya sudah berbeda dengan seorang yang bujangan (orang yang belum menikah), maka dalam menggunakan gadgetpun haruslah mengarah pada kemanfaatan bagi dirinya dan keluarganya.

Demikian halnya bagi seorang perempuan yang sudah berusami, dia mempounyai tanggung jawab untuk menjaga kehormatan dirinya dan suaminya, menyiapkan makanan sehari-hari bagi suami dan anak-anaknya, serta kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat yang berkaitan dengan rumah tangganya. Agar tugas-tugasnya sebagai seorang ibu rumah tangga tidak terbengkalai, maka sorang ibu dalam menggunakan gadget juga haruslah lebih bijaksana sehingga keluarganya tetap utuh, harmonis serta terwujudnya ketenangan dan kesejukan di dalam rumah.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa seharusnya waktu-waktu luangnya dimanfaatkan untuk istirahat, mengulang atau membaca kembali pelajaran atau meteri kuliahnya. Namun terkadang dengan alasan refreshing mereka menggunakan waktu luang itu secara terus menerus untuk memutar lagu, menonton film dan bermain game dengan berbagai jenis permainan yang terpasang di dalam gadgetnya. Sehingga kebiasaan seperti inilah jika dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan ketagihan. Agar tidak terjadi seperti itu maka penggunaan gadget harus dibatasi oleh dirinya sendiri, bisa memanfaatkan waktu luang untuk belajar, menambah keilmuannya, menghafal alquran, berdoa, berdzikir dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Baca Juga :   5 Smartphone Dengan Teknologi Kamera Terbaik di Tahun 2020

3. Instal aplikasi yang berguna

Disamping game dan pemutar video, Anda juga dapat memasang beberapa aplikasi yang berguna seperti Office dan sejenisnya. Dengan menginstal aplikasi Office, Anda bisa mengakses dan mengedit tugas-tugas – tugas Anda kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan handphone. Biasakan diri Anda untuk menggunakan aplikasi tersebut, dengan begitu handphone Anda akan lebih berguna.

4. Kurangi bermain game dan streaming video

Dampak buruk handphone kebanyakan muncul akibat aktifitas streaming dan bermain game yang berlebihan, oleh karena Anda harus menguranginya. Kiat untuk menguranginya adalah dengan mengerjakan tugas-tugas penting terlebih dahulu, lalu bermain game atau streaming video di saat Anda benar-benar memiliki waktu luang.

5. Jangan menggunakan handphone menjelang tidur

Salah satu dampak yang paling buruk dari penggunaan handphone yang tidak bijak adalah kurangnya waktu tidur. Jika Anda menggunakan handphone untuk bekerja hingga lupa istirahat, itu masih bisa dimaklumi. Namun, jika Anda memakai handphone untuk bermain game sebelum tidur, lebih baik simpan handphone Anda dan pergi tidur.

Itulah 5 tips kiat mudah untuk memakai handphone dengan bijak, semoga Anda bisa mempraktikannya dalam kegiatan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *