5 Manfaat Olahraga Panahan untuk Anak

1 min read

Kini olahraga panahan semakin populer sebagai kegiatan ekstrakurikuler di beberapa sekolah. Manfaat pun tidak hanya dirasakan orang dewasa, olahraga ini juga bisa dimainkan untuk anak-anak.

Dilansir dari Campliveoakfl.com, panahan untuk anak-anak menawarkan manfaat bagi perkembangan fisik dan mental mereka. Selain itu, berlatih panahan memberikan banyak keuntungan bagi perkembangan motorik halus dan kasar bagi anak.

Baca Juga;

Berikut ini ada 5 manfaat olahraga panahan untuk anak yang perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasan dari Djonews.com!

1. Mengontrol Kesimbangan Tubuh Anak

Pixabay/L0nd0ner

Ada beberapa anak yang memiliki masalah dengan keseimbangan dan koordinasi tubuhnya. Padahal, keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah, karena ia harus dapat menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan.

Dengan melatih memanah, hal ini akan membantuk anak untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target.

Baca Juga:  Jangan Panik! Tapi Tetap Waspada

Semakin banyak anak berlatih, maka otot inti terbiasa untuk menyeimbangkan tubuhnya.

2. Mengajarkan Kesabaran pada Anak

Pixabay/11333328

Meski olahraga panahan terlihat minim gerakan karena hanya berdiri dan membidik tujuan, namun kegiatan ini dapat melatih kesabaran anak. Pasalnya terburu-buru bukanlah teman bagi pemanah. Jika tidak sabaran saat melepaskan panah, maka hanya menyebabkan salah sasaran. Oleh sebab itu, panahan merupakan cara yang baik untuk mengajarkan kesabaran pada anak.

Dengan latihan memanah secara berkala, anak belajar untuk menahan diri untuk tidak terburu-buru saat melepaskan anak panah menuju sasaran. Hal ini akan membentuk karakter anak yang sabar dan tidak asal cepat meraih target.

3. Melatih Daya Fokus Anak

Pixabay/giovannaorlando

Meski terlihat statis, namun olahraga panahan juga membutuhkan kekuatan konsentrasi yang tinggi dan cukup menantang.

Saat melakukannya, anak dituntut untuk membidik target dari jauh setepat mungkin, sehingga secara tidak langsung dapat melatih daya fokus antara pikiran, emosi dan gerak psychomotoric anak.

Sementara daya fokus sangat penting untuk kesehatan mental anak. Semakin ia terfokus pada target, maka akan mudah pula baginya untuk menjernihkan pikiran dan membidik secara tepat.

Baca Juga:  Baru 40 Persen pembangunan Sirkuit MotoGP

4. Menggunakan Otot Tangan Anak

Pixabay/27707

Sama seperti olahraga lainnya, memanah juga membutuhkan pemanasan. Melakukan pemanasan khusus dilakukan agar tubuh bisa lentur dan kuat saat memanah.

Pasalnya olahraga ini harus bisa menempatkan tekaanan pada kedua otot tangan, otot dada, bahu dan punggung. Jika ia terlatih untuk menggerakkan dan mengarahkan busur panah, maka otot tangan anak akan semakin kuat dan lentur.

5. Mendapatkan Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Pixabay/54118

Pada umumnya, anak yang bergerak akti dan gemar olahraga akan mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi. Begitu juga dengan olahraga panahan, secara tidak langsung mereka dapat memanah yang memiliki daya tarik sendiri.

Ini bisa disebabkan oleh rasa percaya diri mereka untuk dapat mencapai target.

Tingkat kepercayaan diri yang didapat anak dari olahraga panahan pun akan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari. Jika konsisten latihan memanah, maka bisa mendapatkan kelima manfaat di atas. Bahkan olahraga ini juga dapat dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi anak yang super aktif agar lebih tenang.

Baca Juga:  PSIS Semarang Belum Perlu Tambahan Pemain Baru

Itulah manfaat olahraga panahan untuk anak, semoga bermanfaat!

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *