, ,

5 Cara merawat Hp Android Agar Awet Yang Wajib di Coba!

oleh -
cara merawat hp
cara merawat hp dengan mudah

Cara merawat Hp Android – Sama seperti barang elektronik lainnya, handphone atau sering disebut hp oleh masyarakat indoneia pada umumnya itu perlu dirawat dan diperlakukan dengan baik agar awet dan dapat bekerja sebagaimana mestinya. Sayangnya, tidak sedikit pengguna Handphone yang mengabaikan hal ini.

Dikutip dari Wikipedia, Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Cara merawat Handphone agar awet dengan baik ini bisa Anda coba dalam berbagai perangkat android seperti xiaomi, samsung, lenovo, dan berbagai Handphone android lainnya.

Cara merawat Hp Android

Anda juga bisa menerapkan cara untuk merawat Handphone ini bisa anda coba untuk smarthpone yang menggunakan battry tanam, karena cara ini merupakan cara ya paling cocok untuk Anda lakukan. Seringkali pengguna Handphone meletakkan gadget mereka di sembarang tempat, mulai dari lantai, tempat tidur, kursi bahkan meja makan.

Kebiasaan ini membuat Handphone sering terjatuh, terinjak dan tertindih. Akibatnya, layar sentuh pada Handphone menjadi tidak sensitif, bahkan retak. Selain itu, masih ada beberapa kebiasaan buruk lainnya yang bisa merusak Handphone . Oleh karena itu, kita tidak boleh ceroboh dalam menggunakan Handphone .

Bahkan jika Anda bukan termasuk orang yang ceroboh, Anda tetap harus melakukan perawatan pada Handphone Anda. Walaupun Anda menggunakan Handphone yang baru cara ini juga cocok untuk Anda, karena cara ini bisa Anda praktekkan dengan mudah.

Menyalinkode AMP

Anda pasti sering mengalami kerusakan Handphone yang menimpa pada Handphone Anda, dan kemudian Anda mempunyai pertanyaan Bagaimana cara merawat Handphone agar awet dan tahan lama? Kami akan memberikan tips cara untuk merawat Handphone agar awet dan tahan lama.

Cara merawat Hp Android

Cara merawat Hp Android
Cara merawat Hp Android

Berikut ini adalah Cara Merawat Handphone Android:

1. Bersihkan secara teratur

Bersihkan secara teratur

Kebersihan Handphone Android adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan, terutama bagian layarnya. Bersihkan layar Handphone Android dengan kain halus atau tisue wajah, hindari penggunaan kain yang kasar karena dapat menyebabkan goresan pada layar dan casing.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Handphone Android.

Anda bisa juga menggunakan freshcare ataupun tisu basah untuk membersihkan layar Handphone Android Anda. Alangkah baiknya Anda juga memasang tempered glass untuk di gunakan pada layar Handphone Android Anda supaya layar Handphone Anda terjaga dari goresan-goresan yang menimpa pada layar Handphone Android Anda.

2. Hindari pengisian daya yang berlebihan

Hindari pengisian daya yang berlebihan

Telah dilakukan survey yang mengatakan bahwa mengisi daya Handphone (charge) dan juga digunakan itu membuat Handphone Android cepat panas, sehingga dapat merusak baterai Anda, terutama Anda yang menggunakan baterai tanam yang berada di dalam .

Pengisian daya yang berlebihan dapat merusak baterai dan komponen lain di dalam Handphone, karena itu kita harus selalu mengecek indikator pengisian daya. Selain itu, kita juga harus menghindari pemakaian Handphone Android selama proses pengisian daya. Jika tidak, maka baterai kita akan cepat drop dan komponen lainnya juga akan cepat rusak.

3. Kurangi Aplikasi

Kurangi Aplikasi

Untuk menjaga performa Handphone Android, Anda juga perlu menghapus aplikasi yang terlalu berat. Terlalu berat disini artinya, tidak sesuai dengan spesifikasi dan kapasitas Handphone Anda.

Aplikasi berat ini biasanya berupa alat-alat atau game dengan grafik tinggi, berjalannya aplikasi yang tidak sesuai akan memaksa Handphone Android bekerja lebih keras dan membuat Handphone cepat panas.

Selain itu, Anda juga harus memasang anti virus atau cleaner untuk membersihkan sisa-sisa cache atau file sampah dari Handphone Android Anda.

Alangkah baiknya Anda memasang aplikasi yang sesuai dengan performa spesifikasi Handphone Android Anda, karena akan membuat Handphone Anda berjalan cepat dan tidak lemot.

4. Memasang Pelindung casing dan layar

Memasang Pelindung casing dan layar
Memasang Pelindung casing dan layar

Pelindung casing dan layar sentuh juga tidak kalah penting, aksesoris ini berguna untuk melindungi body dan layar Handphone Android dari goresan dan mengurangi efek benturan.

Pelindung body dan layar ini harganya cukup terjangkau dan bisa Anda beli di konter-konter terdekat.

Berikut ini referensi untuk pelindung casing dan layar yang cocok Anda gunakan:

1. Oleophobic Coating

Oleophobic Coating adalah tipe pelindung layar yang mampu melindungi layar dari berbagai goresan kecil yang terdapat pada Handphone. Ponsel Handphone Android yang mempunyai pelindung layar ini umumnya dapat melindungi layar ponsel dari kotoran atau bekas sidik jari yang menyentuh touch screen pada layar Handphone.

2. Scratch-Resistant Glass

Pelindung layar ponsel lainnya adalah Scratch Resistant Glass. Pelindung ini adalah tipe pelindung untuk Handphone Android Anda yang bersifat layar ringan. karena, Handphonedengan pelindung ini hanya bisa bertahan dari goresan-goresan kecil yang menimpa pada Handphone.

3. Corning Concore Glass

Concore Glass adalah pelindung layar Handphone Android dari perusahaan bernama Corning. Pelindung layar Concore Glass ini mempunyai teknologi OGS (One Glass Solution).

Teknologi ini menyatukan pelindung layar dan bagian dari layar sentuh (touch screen) menjadi satu dan langsung terintegrasi dengan layar utama Handphone.

4. Sapphire Glass

Saphire dianggap sebagai bahan yang kuat untuk melindungi Handphone Android Anda. Hal ini pernah dikerjakan Apple ketika menerapkan sapphire sebagai pelindung lensa kamera di perangkatnya yaitu iPhone.

5. Simpan di tempat yang aman

Simpan ditempat yang aman

Terakhir, simpan Handphone Anda di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Seperti yang telah disebutkan di awal, Anda tidak boleh meletakkan Handphone di sembarang tempat supaya tidak mudah terinjak atau jatuh.

Dengan menyimpan Handphone Android di tempat yang aman ini merupakan cara yang paling simple tetapi sering kali di abaikan oleh banyak orang. Alangkah baiknya letakan Handphone Anda di tempat yang tinggi seperti meja dan lain sebagainya.

Demikian Itulah beberapa tips cara merawat Handphone Android supaya awet dan tidak lemot yang bisa Anda lakukan, sangat mudah bukan? Maka segera cobalah!

Menyalinkode AMP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *