5 Cara Menabung dengan Unik serta Efektif

oleh -

Banyak orang yang merasa kesulitan dalam membiasakan diri untuk menabung.

Banyak pula anggapan bahwa menabung merupakan beban tersendiri dalam melaksanakannya.

Padahal aslinya menabung itu merupakan sebuah kebiasaan baik yang manfaatnya akan dirasakan kedepannya.

Agar menabung menjadi lebih ringan dan mduah berikut ini adalah tips untuk menabung mudah yang unik serta efektif untuk kamu ikuti.

5 Cara Menabung dengan Unik serta Efektif

1. Power of 20.000

Ippho Santosa, seorang motivator ternama yang menjadi orang dibalik populernya tips ini. Ia membeberkan cara menabung mudah yang unik dan efektif yaitu dengan menyiapkan celengan dan menabung setiap uang Rp 20.000 yang kamu temukan dalam keseharian kamu.

Menyalinkode AMP

Jadi, misal kamu berbelanja dan mendapatkan kembalian tiga lembar Rp 20.000, maka ketiga lembaran itu harus kamu masukkan dalam tabungan.

Atau jika kamu menemukan selembar uang Rp 20.000 dalam tas maupun saku, maka uang itu pun harus kamu masukkan kedalam celengan yang telah kamu siapkan sejak awal.

Baca Juga :   Fakta Kunyit Menambah Nafsu Makan

Cara ini terbilang efektif, bayangkan saja. Misal: dalam sehari kamu mendapatkan uang Rp 20.000 sebanyak tiga lembar, maka dalam seminggu saja Rp 420.000 telah terkumpul karena kebiasaan kamu menyisihkan Rp 20.000 ini.

Dan dalam 30 hari tanpa kamu sadari akan terkumpul sebanyak Rp 1.800.000! Cara ini akan sangat terasa bagi orang yang cenderung malas dalam hal menabung.

2. Nominal Keterbalikan Tanggal

Yang perlu kamu ketahui menabung bukanlah uang sisa yang disimpan, namun menyisihkan uang sebelum digunakan.

Cobalah tips menabung dengan nominal keterbalikan, misal saja dalam sebulan terdapat 30 hari. Maka di tanggal 1 kamu menabung Rp 30.000, pada tanggal 2 kamu menabung Rp29.000, dan seterusnya. Sampai pada akhir tanggal, yaitu 30 kamu menabung sebesar Rp1.000 ke celengan.

Dalam 30 hari saja kamu kurang lebih telah menabung sebesar Rp465.000. Lakukan cara ini secara rutin setiap bulannya dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jumlah hari dalam setiap bulannya.

Misal dalam sebulan terdapat 31 hari, maka kamu memulai tabungan di tanggal 1 dengan Rp31.000. Begitu pun bila dalam sebulan hanya terdapat 28 hari, maka nominal awal tabungan kamu di tanggal 1 adalah Rp28.000.

Baca Juga :   Tips Perencanaan Keuangan untuk membeli smartphone bagi kaum milenial

3. Kumpulkan Uang Receh

Jangan anggap bahwa uang receh merupakan hal yang remeh, bila kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan :

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Dari pepatah itu kamu bisa mencoba untuk mengumpulkan setiap uang receh yang kamu dapat dan temukan dalam saku, dompet, tas atau apa pun dalam setiap harinya.

Sediakanlah pula celengan dengan ukurang yang cukup besar, karena uang receh sangat memakan tempat dibandingkan dengan uang kertas.

Kamu pernah mendengar seseorang yang berhasil membeli kendaraan bermotor dengan uang receh? Cara ini dapat dikatakan sebagai cara menabung yang unik dan efektif serta memiliki dampak yang besar dikemudian harinya.

4. Menabung Uang Kertas Terkecil

Cobalah untuk menlihat dompet setiap harinya, lihat uang kertas dengan nominal terkecil di dompet kamu dan ambil untuk kamu masukkan kedalam celengan.

Ada baiknya kamu mengatur jam berapa kamu melihat isi dompet, agar aktifvitas kamu tidak terganggu hanya karena kekurangan uang akibat penyisihan uang yang tak terkontrol.

Baca Juga :   Cara Membantu Anak yang Dijauhi Teman

Serta jadikanlah nominal Rp10.000 sebagai nominal terkecil target kamu untuk ditabungkan. Mudah? Mari praktekkan!

5. Investasi

Cara ini sangat ampuh untuk berlatih menabung. Uang kamu tidak hanya berupa tabungan saja, namun kamu dapat merasakan keuntungan dari hasil investasi tersebut.

Jika kamu beranggapan bahwa investasi hanya dapat dilakukan dengan nominal besar dan orang yang memiliki uang banyak saja, tentu anggapan kamu ini sangat salah.

Terdapat beberapa instrumen investasi yang dapat dimulai dengan nominal kecil. Kamu dapat mencoba berinvestasi dengan sistem peer-to-peer lending, menanam saham di Usaha Bersama, dan lain-lain.

Investasi terkecil bisa kamu mulai dengan nominal Rp100.000 saja, dengan pembagian hasil yang bisa mencapai 23,32%.

Apalagi jika kamu memanfaatkan efek Compaunding, uang yang telah terinvestasi dan menerima bagi hasil diputar kembali sehingga keuntungan berlipat.

Bagaimana, menarik? Menabung memang mudah, alasan itu datang hanya karena spekulasi pemikiran yang tak nyata. Selamat menabung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyalinkode AMP