,

5 Bumbu Dapur Yang Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

oleh -

Dalam meminimalisir merebaknya virus corona, pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga bahkan supaya bisa meningkatkan imun tubuh masing-masing.

Seperti berolahraga, imunitas tubuh juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Salah satuinya adalah dengan mengonsumsi bumbu dapur yang telah Djonews.com Rangkum berikut ini:

Bawang Putih

Hampir seluruh masakan tentunya tidak akan nikmat tanpa hadirnya bawang putih. Selain menambah cita rasa masakan, bawang putih juga sudah populer sebagai obat rumahan seperti mengobati jewrawat, menyembuhkan bisul, dan masih banyak lagi.

Hal ini dikarenakan kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kunyit

Kunyit dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh seseorang yang disebabkan oleh kandungan senyawa curcumin pada kunyit.

Dilansir dari Healthline, curcumin yang terdapat dalam kunyit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat meningkatkan imunitas tubuhmu.

Jahe

Seperti kunyit yang dapat meningkatkan imun tubuh, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Hal itu membuat berbagai masalah kesehatan dapat sembuh bila dikonsumsi secara rutin.

Serai

Selain sebagai penyedap masakan, serai juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Serai mengandung antioksidan seperti Vitamin C dan flavonoid, kedua kandungan tersebut bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Temulawak

Selayaknya kunyit, rempah yang satu ini kerap diolah menjadi bahan utama berbagai jamu tradisional. Temulawak dapat menghasilkan senyawa curcumin yang merupakan senjata ampuh dalam menjaga kekebalan tubuh.

Penelitian juga menyebutkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam curcumin dapat meningkatkan metabolisme serta mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *