,

4 Manfaat Yoga yang Harus Kamu Ketahui

oleh -

DJONEWS.COM Sudahkah kamu mengetahui bahwa manfaat yoga telah dikenal sejak zaman ribuan tahun lalu sebagai bentuk meditasi dan kebutuhan spiritual?

Namun seiring berjalannya waktu, kini yoga telah menjadi pilihan untuk berolahraga sekaligus relaksasi yang digemari oleh banyak kalangan.

Yoga dianggap bisa membantu membuat kondisi mental, emosional, dan spiritual menjadi lebih baik.

Namun, selain itu ada pula manfaat yoga yang mungkin belum diketahui banyak orang. Ingin tahu apa saja? Simak 4 Rahasia manfaat yoga:

Mengatasi ketidakseimbangan hormon

Salah satu manfaaat yoga yang dapat berpengaruh pada tubuhhh kita adalah mengatasi ketidakseimbangan hormon.

Kondisi hormon yang tidak seimbang ditandai dengan gejala-gejala kesehatan yang menurun, seperti mudah lelah dan pusing. Kabar baiknya, yoga bisa membantu kamu mengusir gejala-gejala tersebut.

Baca Juga :   Smartphone di Era Milenial, Bermanfaat atau Berbahaya?

Lakukan yoga secara rutin dengan gerakan-gerakan yang berfokus pada kelenjar hormon di tubuh.

Gerakan seperti child’s pose dapat mengontrol kelenjar adrenal yang memproduksi banyak hormon, termasuk kortisol atau hormon stress agar lebih tenang. Alhasil, harimu akan terasa lebih baik setelah itu.

Mengontrol Nafsu Makan

Siapa yang tidak mau mendapatkan tubuh indah terjaga?

Melalui yoag, kamu bisa mewujudkan bentuk tubuh tersebut. Meenurut para ahli, yoga terbukti menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk mengontrol emosi kamu.

Hal ini didasari oleh latihan yoga yang membiasakan diri untuk fokus pada pernapasan, sehingga kamu dapat lebih mengontrol diri saat nafsu makan melanda.

Cobalah untuk memfokuskan diri saat latihan yang melibatkan teknik pernapasan sambil duduk atau berbaring pada kelas yoga kamu berikutnya. Jangan lupa untuk melakukannya secara antural dan dalam posisi yang nyaman.

Baca Juga :   Boling Mainan Ringan Era Sekarang

Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel

Sering merasa kebas, lemas atau kesemutan pada pergelangan tangan?

Hati-hati, karena itu sinyal dari tubuh kamu akan sindrom carpal tunnel. Sindrom yang muncul karena adanya saraf tangan yang tertekan dan biasanya rentan menyerang pengguna komputer.

Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan berlatih yoga. Menurut sebuah penelitian, gejala-gejala di atas bisa berkurang jika kamu rutin melakukan yoga selama delapan minggu.

Contoh, melakukan posisi yoga dengan gerakan yang meregangkan tangan kamu seperti warrior II pose atau Bharadvaja’s twist. Bonus => Kamu mendapatkan peredaran darah yang lebih lancar dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

Terapi Radang Sendi

Selain manfaat yoga yang telah disebutkan di atas, ya juga bermanfaaat sebgai salah satu terapi untuk raadang sendi.

Baca Juga :   Pengaruh Gadget bagi kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Penyebabnya, apalagi kalau bukan gerakan-gerakan yang menstimulasi sendi untuk meregang.

Banyak ahli menyebutkan kombinasi gerakan yogga dengan pernapasan sangat membantu bagi para penderita radang sendi.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya fleksibilitas dan pelumas alami tubuh yang berdampak baik pada kesehatan sendi.

Cobalah berkonsultasi dengan instruktur yoga terlebih dahulu guna melatih beberapa pose yang aman bagi radan sendi. Rasakan nikmatnya saat kamu kembali bugar.

Semoga dengan penjelasan 4 manfaat yoga tadi membuat kamu lebih bisa membayangkan betapa pentingnya olahraga, terkhusus Yoga. Selain olahraga dan makanan seimbang, tubuh sehat serta jiwa yang kuat juga memerlukan perencanaan kesehatan dengan maksimal.

Semangat!

2 thoughts on “4 Manfaat Yoga yang Harus Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *