4 Cara Menagih Hutang dengan Trik Psikologi

oleh -
cara menagih hutang

Kamu terlanjur meminjamkan sesuatu kepada teman? Apakah berupa uang atau apapun tetapi merasa tidak enak hati ingin menagihnya?

Sebenarnya menagih hutang bukan kewajiban untuk kamu lakukan, tetapi mereka lah yang wajib mengembalikan hutang tanpa harus diminta terlebih dahulu. Tapi, pada kenyataanya tidak seperti demikian itu.

Kali ini Djonews.com sajikan cara cepat dan tepat mendapatkan kembali barang atau uang kamu. Silahkan simak sampai habis!

Cara Menagih Hutang menggunakan Trik Psikologi

1. Terus Terang dengan Alasan Rasional

Ini merupakan trik terlembut. Yaitu meminta langsung dengan alasan yang tepat mengapa kita harus menagih hutang secepatnya. Misal:

"Kawan, aku ada tagihan mobil nih. Boleh pinjam uang yang kemarin rabu, gak?"

Singkat dan berterus terang. Kalau hanya mengatakan kalimat ini dan hutang kamu dibayar, maka kamu orang yang beruntung mempunyai teman yang ber-empati. Hehe.. Namun, karena cara ini sering kali tak membuahkan hasil maka perlu kita tambah lagi persenjataan kita guna menagih hutang.

Baca Juga :   Tips Agar Tidak Kecanduan Smartphone

Tahapan pertama ini memungkinkan target penagihan kamu berkata bohong, oleh karenanya kamu harus sadar dan kenal betul dengan sifat dan kejujurannya.

2. Bermain dengan Ego

Cara kedua ini akan mempermainkan rasa ego dan harga diri. Jadi katakan saja:

"Tahu nggak? Hal yang kusuka dari kamu itu, adil, dan kamu juga sering berusaha bertindak benar"

Karang sendiri kata yang paling cocok menurut kamu, dan sesuaikan dengan kondisi. Lalu tagih hutangnya setelah beberapa saat dengan trik pertama atau trik berikutnya. Dengan begitu ia akan terdorong untuk melakukan sesuatu yang adil dan benar, yaitu membayar hutangnya. Dengan tidak membayar hutangnya maka ia harus mempertanyakan lagi konsep dirinya sendiri. Dia juga akan merasa takut kehilangan rasa kagum kamu padanya.

Baca Juga :   5 Kesalahan Orang tua saat Anak bertengkar dengan Temannya

3. Pancing Gengsi

Pancing rasa gengsi dengan seolah melibatkan orang lain ke masalah hutang ini.

Katakan saja padanya bahwa beberapa orang yang dikenal (tak perlu menyebut nama) mengatakan bahwa “kalau ia hutang, jangan berharap uang kembali.” Kamu bisa menambah:

"Menurutku kamu tidak begitu, yang kutahu kalau memang begitu pasti aku sendiri malu"

Perkataan ini akan menjadikan perasaannya seolah menjadi bahan perbincangan semua orang, sehingga mau tidak mau ia berusaha menyelamatkan wajahnya. Dengan kata lain, piutang kamu akan dibayar. Bila dengan cara ini pun tak mendapatkan hasil juga, maka gunakanlah cara yang lebih keras lagi. Dan inilah kelas terberat saat ini.

4. Ancaman Maut

Ini cara terakhir, dengan menerapkan cara ini mungkin saja hubungan kamu dengannya akan rusak bahkan yang terburuk kamu akan menjadi musuh baginya.

Ada baiknya kamu bersiap diri untuk meminta maaf dengan cara yang benar sebelum melakukannya. Dan cara ke empat adalah dengan mengancamnya. Ancam jika ia tidak mau mengembalikan, katakan perkara ini pada temanteman kamu yang lain agar mereka tidak menjadi ‘Korban’ kehilangan uang akibat kebaikan meminjamkan uang sepeti yang kamu alami dengannya. Kebanyakan manusia normal dengan urat malu yang sehat pasti akan sangat melindungi citra dirinya.

Baca Juga :   Cara Untuk Membeli voucher Wifi id Dengan Menggunakan Pulsa

Jika sudah melakukan trik menagih hutang ke empat dan tidak berhasil juga. Maka tandanya adalah ia tidak punya muka untuk diselamatkan dari rasa malu. Mungkin reputasinya sudah jelek sehingga sudah kebal dengan cara-cara yang telah Djonews.com sajikan.

Begitulah tips dan trik cara psikologi untuk menagih dengan cepat hutang yang pastinya juga bisa kamu terapkan lewat sms, sosial media dan media jarak jauh lainnya.

Semoga pembaca Djonews.com menjadi orang yang sukses sehingga tidak perlu mencari-cari hutang dan repot mengembalikan hutang. Selamat menjalankan aktivitas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *