, ,

11 Penyebab Hp Android Cepat Rusak yang Harus Kamu Ketahui

oleh -
Penyebab Hp Android Cepat Rusak
Penyebab Hp Android Cepat Rusak

Penyebab Hp Android Cepat Rusak, sebagai salah satu kebutuhan terpenting di era modern, wajar bila kita menggunakan Handphone setiap hari. Selain itu, Handphone kita juga hampir selalu aktif tanpa jeda setiap harinya. Bahkan, untuk menjaga performa baterai, tidak jarang kita membawa powerbank kemana-mana.

Penyebab Hp Android Cepat Rusak
Penyebab Hp Android Cepat Rusak.Pict by : Pixabay

Hampir semua orang sekarang ini mempunyai Handphone. Semua orang membutuhkan alat komunikasi yang canggih ini untuk mempermudah kehidupan mereka dalam segala aspek kehidupan. Sejak hadirnya Handphone, penggunaan ponsel canggih itu juga terus saja meningkat terutama di Indonesia. Indonesia termasuk sebagai negara terbesar pengguna Handphone di Dunia.

Penyebab Handphone Cepat Rusak

Handphone yang selalu aktif dan mempuyai kinerja yang cepat memang dibutuhkan di era yang serba cepat dan instan, tetapi kita harus mengingat bahwa Handphone tetaplah sebuah alat yang mempunyai batas / ketahanan. Jika kita berlebihan dalam menggunakan Handphone, bisa jadi akan timbul masalah dikemudian hari. Mulai dari masalah yang kecil, hingga masalah yang besar yang menimbulkan kerusakan.

Walaupun Handphone itu canggih, akan tetapi namanya juga barang buatan manusia, Handphone juga pastinya akan bisa rusak. Kamu pasti pernah mengalami mempunyai Handphone yang rusak? Kerusakan ini bisa disebabkan oleh banyak sekali factor yang bisa terjadi, bisa karena penggunaan, juga bisa karena produk Handphone tersebut.

Menyalinkode AMP
Baca Juga :   Apa itu Tubemate dan Cara Setting Tempat Lokasi Penyimpanan Hasil Download di Tubemate

Hampir semua pengguna Handphone pasti pernah mengalami berbagai keluhan seperti Handphone berjalan lambat (lemot), gangguan jaringan, baterai cepat habis, gangguan virus, hingga sensitifitas layar yang menurun. Akan tetapi, tahukah Kamu mengenai penyebab dari masalah-masalah tersebut? Jika belum.

Berikut 11 Penyebab Handphone Android Cepat Rusak

1. Pengguaan charger dan baterai kw

Penggunaan charger yang tidak ori atau charger kw dapat merusak baterai dan komponen-komponen Handphone, hal ini disebabkan oleh arus listrik (ampere dan voltase) yang masuk dari charger tersebut tidak sama dengan arus yang diperlukan oleh perangkat. Hal serupa berlaku juga untuk baterai non-ori.

2. Aplikasi dan game yang terlalu berat

Terkadang, beberapa pemilik Handphone sengaja menginstal game dengan grafik tinggi dan ukuran besar meskipun spesifikasi Handphone mereka tidak sesuai. Game atau aplikasi yang terlalu berat dapat membuat Handphone cepat panas, karena itu kita tidak boleh terlalu “memaksa.”

3. Handphone sering jatuh

Berhati-hatilah saat membawa dan menggunakan Handphone, jangan sampai kita menjatuhkan Handphone terlalu sering. Benturan yang terlalu sering tidak hanya menimbulkan goresan, namun juga bisa membuat komponen bagian dalam mengalami kerusakan. Selain itu, layar Handphone juga bisa retak atau bahkan pecah.

4. Terkena virus

Salah satu penyebab paling klasik adalah virus, virus dapat membuat kinerja Handphone menurun (lemot), baterai cepat panas, memori cepat penuh, file corupt dan beberapa masalah lainnya. Oleh karena itu, pastikan Kamu menginstal anti virus pada Handphone.
Itulah empat penyebab Handphone cepat rusak yang dapat dijabarkan, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Baca Juga :   Spesifikasi Handphone Android Untuk Atlet E-Sport yang Harus Kamu Tahu!

5. Terkena air

Menurut penuturan Rikudi Hidayati, salah satu pekerja di salah satu service center produk Handphone di Solo, banyak produk Handphone itu rentan rusak jika terkena air. Hal ini disebabkan karena air bisa merusak bagian mainboard dari Handphone tersebut. Akhirnya listrik di dalam Handphone menjadi korsleting dan membuat Handphone akan mati.
Rukudi berkata “Sering sekali customer saya itu Handphone-nya rusak dikarenakan terkena air. kakak saya juga pernah mengalami yang semacam itu. Air ini bisa merusak bagian perangkat dari mainboardny. Apalagi kalua terkena air laut itu lebih cepat rusak,” terang Rikudi ketika berbincang dengan kami.

6. Terinjak

Tentu Handphone bisa rusak kalua saja terinjak. Menurut Rukudi, ia juga sering menerima keluhan Handphone yang rusak dikarenakan terinjak. Biasanya penyebabnya karena si pemilik dari Handphone tersebut menaruh dengan sembarangan Handphonennya.
Rikudi berkata “Tidak jarang juga yang ada Handphone yang rusak dikarenakan terinjak. Kalau terinjak maka LCD bisa pecah dan komponen di dalam Handphone tersebut juga bisa kena, tergantung keinjaknya keras atau nggak, biasanya penyebab terinjak itu sembarangan menaruh Handphone,” ungkapnya saat itu.

7. Handphone diletakkan di dalam saku

Sebaiknya hindari untuk meletakkan Handphone di saku. Apalagi kalau saku itu ketat, tekanan-tekanannya akan membuat Handphone rusak.

Baca Juga :   Cara Menonaktifkan Lampu Notifikasi LED pada Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

8. Terdapat software yang rusak

Hal ini biasanya terjadi dikarenakan aplikasi dari Handphone yang kurang sempurna. Selain itu, kalau malas memperbaharui aplikasi yang tersedia, juga bisa membuat software Handphone menjadi rusak.

9. Menggunakan Handphone ketika dicharge

“Kalau kita menggunakan Handphone sewaktu dicharge, hal ini bisa membuat baterainya cepat rusak bahkan cepat kembung,” ujar Rikudi Hidayati.
Nah, teruntuk Kamu yang punya kebiasaan buruk ini segera tinggalkan ya, apalagi saat bermain game. Kamu pastinya tidak mau kan jika harus berkali-kali ganti baterai karena rusak akibat bermain Handphone dengan dicharge?

10. Penggunaan yang tiada henti

Bayangkan saja tubuh seseorang itu kalau tidak di istirahatkan pasti akan sakit, begitu juga Handphone. Kalau pemakaiannya terus menerus dan tanpa berhenti apalagi digunakan untuk game ataupun digunakan untuk aplikasi berat, pasti akan cepat rusak. Handphone akan panas dan lambat bekerja.

11. Charger semalaman

Kalau Charger semalaman ini jadi kebiasaanmu, jangan heran nantinya kalau Handphone Kamu cepat rusak. Apalagi kalau Kamu pengguna Android, karakter baterai dari lithium Android tidak akan cocok dengan hal seperti ini. Hal itu akan menyebabkan kebocoran pada baterai dan bahkan bisa menurunkan kinerja daya Handphone, daya baterai akan cepat habis dan selalu minta discharge bahkan bisa juga membuat baterai Handphone kembung.

Begiutalah penyebab cepatnya kerusakan pada Hp (Handphone) yang perlu kamu ketahui. Semoga kamu selalu menjaga, merawat Hp-mu supaya awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyalinkode AMP